Pengertian dan Fungsi Water Pump Pada Mobil

Fungsi water pump - Didalam mesin, kita mengenal sebuah sistem yang bernama cooling system atau sistem pendingin. Sistem ini bekerja menggunakan prinsip air sebagai media penyerap panas mesin, dalam proses kerjanya air tersebut disirkulasikan ke seluruh mesin untuk menyerap panas secara maksimal dan mengalir ke radiator untuk didinginkan.

Sehingga ada sebuah komponen yang berfungsi sebagai sirkulator atau pompa yang membuat air tersebut mengalir keseluruh bagian pendingin, komponen ini kita kenal dengan water pump.

nama water pump memang tidak asing lagi di telinga kita, tapi apa fungsinya ? apakah sama dengan pompa air biasa ? memang secara prinsip pompa ini memiliki teknik yang sama namun water pump pada mesin hanya berfungsi untuk menciptakan aliran air didalam sistem.

Prinsip kerja pompa air, yakni dengan menggunakan turbin yang diputar melalui sebuah input putaran. Saat turbin ini berputar maka satu sisi akan tersedot dan disisi lain akan tertekan, sehingga timbulah sirkulasi karena saluran air pendingin itu tertutup.

posisi water pump ada pada blok mesin dengan turbin berada didalam water jakcet. Sehingga awal sirkulasi bermula pada water jacket ini.

ada dua jenis input penggerak pompa air yakni

1. Engine water pump
2. Electric water pump

untuk engine water pump digerakan dengan tenaga mesin melalui drive belt. Sehingga dikala mesin bekerja secara otomatis water pump akan berputar sehingga sirkulasi akan terjadi. kelebihan model ini adalah ringkas karena konstruksinya mudah.

sementara electric water pump digerakan oleh motor listrik, dengan kata lain pompa ini tidak terpaut dengan tenaga mesin sehingga beban mesin bisa sangat ringan, untuk prosesnya pompa akan bekerja dikala suhu kerja mesin mulai tercapai, hal ini bertujuan agar proses pemanasan mesin lebih cepat.


Demikian artikel mengenai fungsi dan pengertian water pump pada mesin mobil semoga bermanfaat.