Pengertian dan Fungsi Tutup Radiator pada Mesin

Fungsi Tutup radiator - Salah satu komponen penting pada sistem pedingin air pada mesin adalah tutup radiator. meski tergolong sepele ternyata fungsinya tidak hanya sebagai penutup radiator.

Pengertian Radiator cap adalah komponen yang secara fisik terlihat sebagai tutup biasa namun fungsinya menjaga tekanan sistem pendingin mesin. Itulah sebabnya fungsi komponen berukuran kecil ini cukup vital.

Fungsi utama tutup radiator adalah untuk menjaga tekanan air pendingin didalam sistem agar tetap stabil. Bagaimana bisa sebuah tutup menjaga tekanan air pendingin ?

Hal itu dikarenakan pada sebuah tutup radiator memiliki ventilasi yang dapat terbuka pada tekanan tertentu, sehingga dikala terdapat tekanan air yang berlebih maka air tersebut keluar melalui ventilasi cap dan disalurkan ke reservoir tank melalui sebuah selang.

Air pada sistem pendingin itu bisa meningkat tekanannya sesuai suhu air tersebut. Jadi, semakin tinggi suhu air pendingin maka semakin tinggi pula tekanannya dan biasanya bentuk air yang memiliki tekanan berlebih tersebut sudah berbentuk uap air.

tekanan normal sistem pendingin yakni sekitar 1- 1,3 atmosfer. jika tekanan air didalam sistem itu melebihi tekanan normal maka bisa beresiko merusak radiator dan selang. Sehingga lebih besar berpotensi bocor.

dengan adanya ventilasi ini maka saat tekanan air melebihi batas normal, pegas pada tutup radiator akan terdorong oleh tekanan air dan saat ventilasi terbuka tekanan bisa kembali di netralkan. Apa air pendingin tidak kurang ?

saat air keluar melalui ventilasi ini artinya volume air dari sistem berkurang, namun secara teknis air buangan dari radiator cap ditampung pada reservoir tank dan saat tekanan didalam sistem berkurang maka air tersebut tersedot kembali ke dalam sistem.

sistem tutup seperti ini bisa anda temukan pada pendingin tipe open system, sebelumnya ada dua jenis sistem pendingin yaitu open dan closed. pada sistem closed, tidak dilengkapi dengan tutup seperti ini karena sesuai namanya sistem dibuat tertutup agar tidak terjadi kekurangan air pendingin.

untuk mengatasi kelebihan tekanan, digunakan ruang ekpansi didalam reservoir tank.

sekian artikel tentang fungsi dan pengertian tutup radiator.