Fungsi Piston Ring Compressor dan Cara Menggunakannya

Ring piston adalah komponen pada mesin yang digunakan untuk merapatkan piston dan silinder sehingga tekanan kompresi tidak bocor. Ring piston ini terletak pada dinding piston (masuk kedalam jalur yang ada didalam dinding piston).

Dalam kondisi normal, ring piston akan mengembang (diameter lebih besar daripada diameter silinder). Namun, karena bersifat elastis maka diameter ring piston mampu menyesuaikan diameter silinder untuk merapatkan celah antara piston dan silinder.

Hanya saja, akan ada sedikit masalah saat langkah pemasangan ring piston. Karena ring ini memiliki diameter lebih besar, maka untuk memasukannya kedalam silinder perlu dikompress atau disempitkan agar diameter ring piston bisa lebih kecil.

Dan alat inilah yang disebut dengan piston ring compressor.

Apa yang dimaksud piston ring compressor ? apa fungsinya ?


Piston ring compressor adalah suatu alat bantu yang digunakan untuk memperkecil diameter ring piston sesuai diameter piston sehingga ring piston bisa dimasukan kedalam silinder mesin.

Fungsi ring piston adalah untuk membantu proses pemasangan piston beserta ring kedalam mesin.


Seperti yang terlihat pada gambar, bentuk piston ring compressor mirip seperti tabung tipis. Alat ini memang terbuat dari seng tipis agar lebih elastis. Lalu ada satu mekanisme pengatur (ring adjuster) diameter tabung, diameter tabung ini dapat mengecil apabila kita memutar bagian ring adjuster menggunakan kunci L segi enam.

Ketika diameter tabung ini mengecil maka ring piston juga akan tertekan  sehingga diameter ring piston bisa lebih kecil dan piston beserta ring piston bisa masuk kedalam silinder dengan lancar.

Bagaimana cara menggunakan piston ring compressor ?


Untuk menggunakan alat ini, sangatlah mudah. Pertama pastikan tiga buah ring piston sudah anda pasang pada dinding piston. Lalu masukan piston ke silinder melalui bagian atas silinder, maka piston akan masuk setengahnya.

Piston akan tertahan masuk karena diameter ring piston belum dikompress sehingga diameternya lebih besar dari silinder.



  • Saat seperti ini, masukan piston ring compressor kedalam piston.
  • Putar adjuster hingga diameter tabung sama dengan diameter piston (tabung benar-benar pas melekat ke piston).
  • Dorong piston menggunakan gagang palu (berbahan kayu) kebagian dalam secara perlahan.
  • Karena ring piston sudah tertekan maka tidak ada lagi yang mengganjal piston untuk masuk, sehingga piston dapat masuk ke silinder sepenuhnya dengan mudah.


Jelaskan apa itu fungsi dari piston ring compressor, semoga bisa menambah wawasan kita semua.