Fungsi Dan Pengertian Kopling Ganda Pada Sepeda Motor

Sistem kopling berfungsi untuk memutuskan tenaga mesin dengan cepat dan halus, cara kerjanya pun ada yang menggunakan metode gesek dan adapula yang menggunakan tekanan fluida. Salah satu jenis kopling adalah kopling ganda, lalu apa pengertian dan fungsi dari kopling ganda ini ?

Pengertian Kopling Ganda

Kopling ganda adalah sistem kopling yang memiliki dua buah mekanisme kopling sekaligus dalam satu kendaraan. Mengapa harus ada dua buah kopling ?

Ini disesuaikan dengan kondisi kendaraan, yakni motor bebek yang tidak memiliki tuas kopling namun masih menggunakan transmisi manual. Kedua kopling tersebut yakni ;

  • Kopling primer, kopling primer menggunakan jenis kopling sentrifugal yang berfungsi memutuskan dan menyambungkan tenaga putar dari mesin.
  • Kopling sekunder, kopling sekunder menggunakan sistem kopling manual seperti pada motor kopling. Fungsinya untuk memutuskan tenaga mesin saat kita akan pergantian gigi transmisi.


Dengan kata lain, fungsi kopling ganda adalah untuk memutuskan tenaga mesin saat baik saat RPM rendah maupun ketika kita memindahkan gigi, serta menyambungkan kembali tenaga mesin ketika RPM bertambah dan pedal transmisi tidak terinjak.

Lalu Bagaimana Cara Kerja Kopling Ganda ?


Seperti yang kami sebutkan diatas, ada dua buah kopling yakni kopling primer yang menggunakan jenis sentrifugal dan kopling sekunder yang menggunakan jenis kopling manual biasa.

1. Cara kerja kopling sentrifugal

Ada dua komponen utama pada kopling sentrifugal yakni sepatu kampas dan rumah kopling. Posisi sepatu kampas berada didalam rumah kopling (rumah kopling berbentuk seperti mangkuk). Saat mesin belum dihidupkan, maka sepatu kampas tidak menekan rumah kopling.

Saat mesin dihidupkan pada RPM rendah, sepatu kampas mulai bergerak ke arah rumah kopling namun sepatu kampas ini belum menyentuh rumah kopling sehingga meski sepatu kampas berputar tapi rumah kopling belum berputar. Pada saat RPM rendah ini, kopling primer masih terputus.

Ketika kita gas mesin, maka ada penambahan RPM. Penambahan RPM ini akan memperbesar gaya sentrifugal pada sepatu kampas sehingga sepatu kampas semakin bergerak ke arah rumah kopling dan menekan/terhubung dengan rumah kopling. Akibatnya, kopling tersambung (putaran mesin terhubung ke kopling sekunder).

2. Cara kerja kopling manual

Dari output kopling primer, tenaga putar akan terhubung ke kopling sekunder. Cara kerja kopling sekunder ini sama persis dengan kopling manual yang menggunakan tuas kopling, tapi pada tipe ini tuas kopling dihubungkan ke pedal transmisi.

Sehingga, kalau kita tidak menekan pedal transmisi maka kopling akan terhubung (putaran terhubung) namun kalau kita menekan peda transmisi, maka kopling akan terputus (putaran dari kopling primer putus), oleh sebab itu kita bisa menggeber mesin motor bebek saat kita menginjak pedal transmisi.

Itu saja artikel singkat tentang fungsi dan pengertian kopling ganda pada motor, semoga bisa menambah wawasan kita.