3 Komponen Biotik Beserta Contohnya Dalam Ekosistem

Dalam menjalani kehidupan, makhluk hidup tidak bisa hidup sendiri. Semua ada sistemnya, contoh yang paling mudah ada pada rantai makanan. Rantai makanan ini mencerminkan pola kehidupan beberapa organisme yang tergabung dalam sebuah ekosistem.

Dalam sebuah ekosistem, terdiri dari dua macam komponen yakni komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen abiotik, adalah hal-hal yang berhubungan dalam ekosistem namun bukan termasuk makhluk hidup. Sementara komponen biotik, adalah beberapa organisme yang saling berinteraksi dalam sebuah ekosistem.

Lalu, apa saja komponen biotik dalam sebuah ekosistem ? mari kita bahas beserta contohnya dibawah.

Komponen Biotik Dalam Ekosistem


Ada tiga kelompok utama yang berperan sebagai biotik dalam sebuah ekosistem. Yakni ;

  • produser
  • konsumer
  • dekomposer


1. Produser

Produser adalah kelompok mahkluk hidup yang berperan memproduksi (produce) makanan awal untuk kelompok konsumer. Dengan kata lain, kelompok produser ini akan mengubah zat anorganik pada sebuah ekosistem menjadi zat organik. Zat organik ini, akan menjadi sumber makanan bagi mahkluk hidup lainnya.

Dalam ekosistem rumah, sekolah, atau kebun, semua tanaman hijau masuk dalam kelompok produser. Tanaman ini dapat menghasilkan makanan dengan sendirinya dengan bantuan sinar matahari atau autotrof.

Bagaimana proses pembentukan makanan ?

Kelompok produser akan memproduksi makanan dengan melalui proses fotosintesis. tanaman ini, akan mengubah zat anorganik pada tanah menjadi sumber makanan dengan bantuan CO2 dan sinar matahari. Hasil dari proses fotosintesis itu, akan menghasilkan buah-buahan yang bisa kita makan.

Tetapi tidak semua tumbuhan masuk ke kelompok produser

Ini karena tanaman yang mampu menghasilkan makanan sendiri, itu hanya tanaman yang memiliki klorofil (hijau daun). Sementara untuk tanaman yang tidak mempunyai klorofil, maka itu tidak menghasilkan makanan karena tidak bisa melakukan fotosintesis.

Untuk keberlangsungan hidupnya, tanaman ini akan mengambil makanan dari tumbuhan lain (seperti parasit).

Tanaman ini memang bisa dimakan makhluk hidup lain, tetapi karena tidak bisa mengubah zat anorganik menjadi organik maka tidak masuk dalam kelompok produser.

Contoh kelompok produser

  • Buah-buahan
  • Sayur-sayuran
  • Alga
  • Beberapa bakteri


Contoh tanaman yang tidak mempunyai klorofil

  • Jamur
  • Tali putri
  • Raflesia


2. Konsumer

Kelompok konsumer merupakan kelomopok makhluk hidup yang tidak bisa menghasilkan makanannnya sendiri, melainkan sangat bergantung pada makhluk hidup lain.

Secara sederhana, kelompok konsumen ini bertahan hidup dengan mengkonsumsi hasil dari tanaman produser. Sehingga kehidupan kelompok konsumer akan bergantung dengan produser.

Disinilah rantai makanan terpanjang bisa terjadi, karena konsumer itu dibagi menjadi menjadi beberapa jenis.

Dilihat dari jenis makanannya, ada tiga jenis konsumer


  • Herbivora, ini merupakan kelompok konsumer yang memakan tanaman herbal (buah, sayur, rumput). Contohnya, kambing, belalang, kelinci, dan lain sebagainya.
  • Karnivora, merupakan kelompok konsumer yang memakan daging makhluk hidup lain. Biasanya kelompok ini akan mengkonsumsi konsumer herbivora. Contohnya, kucing, harimau, serigala dan lain sebagainya.
  • Omnivora, merupakan kelompok makhluk hidup yang memakan segala jenis makanan entah tanaman atau daging. Contohnya, ayam, babi, tikus.


Sementara kalau dilihat dari tingkat pada rantai makanan, juga ada tiga.


  • Konsumen primer, merupakan kelompok konsumer yang paling rendah. Artinya kelompok ini akan memakan hasil tanaman (kelompok produser) dan siap untuk dimakan oleh konsumer dengan tingkat lebih tinggi. Semua herbivora dan omnivora masuk dalam tingkat ini, contohnya kelinci, sapi, kambing, belalang, rusa dan lainnya.
  • Konsumen sekunder, merupakan kelompok konsumer dengan tingkat yang lebih tinggi dari konsumen primer namun kelompok ini juga siap dikonsumsi oleh kelompok konsumen tersier. Kelompok ini akan mengkonsumsi kelompok konsumen primer, contohnya sebagian karnivora dan omnivora seperti tikus, ular, katak, ayam.
  • Konsumen tersier, merupakan kelompok teratas pada rantai makanan yang mengkonsumsi konsumen sekunder dan primer. Biasanya kelompok ini dihuni oleh sebagian karnivora dan omnivora dengan ukuran tubuh besar dan buas. Contohnya ; hiu, harimau, singa.


3. Dekomposer

Dekomposer merupakan kelompok pengurai zat organik kembali menjadi zat anorganik. Kelompok ini, akan mengubah organisme mahkluk hidup yang telah mati menjadi unsur hara dalam tanah agar bisa diubah kembali ke makanan oleh kelompok autotrof.

Contoh dekomposer adalah bakteri, dan mikroba.

Namun, dekomposer ini berbeda dengan detritivor. Dekomposer adalah mahkluk hidup yang menguraikan organisme mati, sementara detritivor memakan organisme yang telah mati. Jadi yang berperan untuk menguraikan itu mikroba dan bakteri sebagai dekomposer.

Sementara detritivor, harusnya masuk pada jenis konsumer karena kelompok detritivor ini juga mengkonsumsi organisme seperti kelompok konsumer. Hanya saja organisme yang dikonsumsi sudah dalam keaadaan mati atau membusuk.

Contohnya, cacing, dan kelabang.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, ketiga komponen biotik diatas sangatlah berhubungan satu sama lain untuk keseimbangan ekosistem. Dalam hal ini manusia sebagai kelompok konsumen sangat bergantung pada produser sebagai sumber pangan.

Dan produser juga sangat bergantung pada manusia untuk penanaman, dan produser juga bergantung pada dekomposer karena dari situlah unsur hawa pada tanah terbentuk.

Sementara dekomposer sangat bergantung pada organisme yang mati sebagai makanannya.

Sekian artikel singkat tentang komponen biotik pada ekosistem semoga dapat menambah wawasan kita.