Pengertian dan Fungsi Katup Buang dan Hisap pada Mesin

Fungsi exhaust valve – pada mesin 4 tak yang memiliki konfigurasi empat langkah kita mengenal adanya langkah hisap dan langkah buang. Proses hisap itu memasukan gas kedalam ruang bakar dengan membuka katup hisap sementara proses buan terjadi tatkala gas sisa pembakaran dibuang melalui katup buang.

Dalam hal ini fungsi intake valve adalah sebuah penutup saluran intake atau pemasukan yang akan terbuka secara otomatis saat mesin berada pada fase hisapan. Sementara katup exhaust adalah sebuah penutup saluran buang mesin yang akan terbuka secara otomatis saat mesin berada pada fase buang.

Mengapa hanya mesin 4 tak ? karena pada mesin 2 tak kita hanya mengenal dua langkah sementara proses penyaluran udara dan pembuangan bahan bakar bisa dilakukan tanpa adanya katup.

Pada katup kita mengenal beberapa bagian seperti
  1. Daun katup
  2. Batang katup
  3. Piringan katup

Daun katup yang berada di posisi luar piringan katup fungsinya cukup vital karena akan menentukan kerapatan katup terhadap dudukannya. Dalam hal ini dudukan katup adalah kepala silinder, sehingga pada valve baru tidak bisa langsung digunakan karena harus disekir dulu.

Sekir adalah proses yang diakukan oleh mekanik atau mesin untuk mengadaptasi daun katup agar bisa 100& rapat dengan dudukan di kepala silinder. proses sekir ini juga perlu skill khusus, jika tidak maka hasilnya tetap ada kebocoran meski sedikit.

Batang katup yang merupakan batang yang digunakan untuk menekan katup itu diujungnya terdapat sebuah pengunci. Pengunci ini akan menahan pegas katup agar tidak terlepas baik saat tertekan maupun saat terbebas.

Batang katup meski terbuat dari besi juga bepotensi bengkok. Terjadinya katup yang bengkok itu karena adanya missed timing atau timing mesin yang meleset sehingga katup bisa terbuka saat psiton bergerak ke atas, akibatnya tumbukan.

Untuk besarnnya katup, ada perbedaan antara katup buang dan hisap, intake valve memiliki diameter lebih besar dengan tujuan agar udara yang masuk itu banyak. Sementara exhaust valve lebih kecil.

Sekian artikel singkat mengenai fungsi dan pengertian intake dan exhaust valve (katup hisap dan buang) simak juga fungsi komponen mesin lain hanya di blog ini