Pengertian dan Fungsi Komponen Flywheel atau roda gila

Fungsi flywheel - Pada mesin empat tak maupun dua tak keberadaan komponen flywheel itu cukup penting. pasalnya komponen ini memiliki fungsi menjaga dan menyeimbangkan putaran mesin.

Fungsi Flywheel itu ada tig antara lain
1. untuk menyimpan tenaga motor
2. sebagai plat yang berhubungan dengan kampas kopling
3. untuk proses starting

dari ketiga hal diatas, dapat disimpulkan bahwa flywheel itu juga komponen yang cukup penting pada mesin otomotif. sebuah flywheel terhubung dengan poros engkol sehingga saat poros engkol berputar besi berbentuk lingkaran ini ikut berputar.

mungkin masih ada yang binguing mengapa sebuah mesin harus dilengkapi dengan flywheel ?

memang sebuah mesin itu harus dilengkapi komponen ini bahkan mobil bertransmisi matic yang tidak menggunakan kampas kopling juga wajib disediakan.

hal itu karena pada mesin silinder tunggal dan mono, fywheel berfungsi menyeimbangkan putaran mesin. prinsipnya saat beban flywheel berputar maka akan menimbulkan gya sentrifugal yang akan mendorong mesin untuk berputar secara terus menerus

sementara pada mesin 4 silinder meski sudah dikonfigurasi secara seimbang fungsi flywheel yakni untuk tempat kopling bergesekan. pada sistem kopling, kampas kopling itu bergesekan dengan flywheel dan pressure plate.

sementara mesin bertransmisi manual, flywhel digunakan sebagai penghubung poros engkol dan torque converter serta sebagai starting point. bentuk flywheel pada mesin matic itu berbeda, biasanya bentuknya lebih tipis dan lebih ringan

hal ini dikarenakan pada mobil matic dengan mesin 4 silinder tidak lagi diperlukan komponen yang menjaga putaran mesin tetap stabil karena konfigurasi mesinnya sudah stabil, tapi untuk proses starter tetap harus melewati roda gila ini.

bahan penyusun flywheel tidak jauh berbeda dengan komponen lain, bahannya sama seperti piringan rem yang terbuat dari besi tuang yang anti lentur dan kuat pada suhu tinggi, sementara pada roda gila mesin matic hanya terbuat dari baja tipis yang cukup ringan.

demikian artikel pengertian dan fungsi flywheel semoga bermanfaat., baca pula pengertian komponen mesin lainya hanya di blog Mesin Mobil 1.