Fungsi dan Pengertian Poros Engkol Pada Mesin

Fungsi poros engkol - Pada mesin, baik dua tak maupun empat tak keberadaan poros engkol itu wajib adanya. crankshaft merupakan sebuah komponen yang bertugas untuk mengubah gerakan naik turun piston menjadi gerakan putaran atau rotasi.

karena pentingnya tugas crankshaft membuat benda ini harus bertahan cukup kuat meski dihantam dengan tenaga pembakaran yang cukup kuat. bahan poros engkol itu terbuat dari baja tuang yang memiliki masa cukup berat.

tujuan penggunaan material ini adalah karena kuat dan tidak mudah lentur. sehingga meski digunakan pada mesin bersilinder banyak poros engkol masih kuat menahannya.

pengertian poros engkol sendiri yakni sebuah poros utama mesin yang memiliki lengan yang terhubung dengan batang penggerak piston. fungsi dari lengan ini yakni untuk mengayunkan hantaman dari piston. karena lengan ini menyatu dengan poros maka gerakan ayunan bisa dikonversi menjadi rotasi.

pada sebuah crankshaft terdapat beberapa komponen termasuk

1. Crank pin

yakni sebuah poros kecil yang terhubung dengan big end cennecting rod. pin ini memiiki lapisan alumiium agar gesekan yang terjadi itu bisa diminimalisir.

2. crank journal

sama bentuknya dengan crank pin hanya saja poros ini terletak pada blok silinder dan menjadi poros utama yang akan mengubah gerakan ayunan lengan menjadi gerakan putar.

3, weigt balance


Weight balance adalah sebuah pemberat yang dipakai untuk menyeimbangkan putaran mesin. penyeimbang ini terbuat seperti sendok yang terletak diseberang lengan ayun, fungsinya untuk menyeimbangkan poros engkol akibat lengan sehingga putaran bisa teratur, selain itu komponen ini juga berpengaruh pada sirkulasi oli.

4. bantalan

ada dua bantalan pada poros engkol yakni aksial bearing yang terletak ditengah poros dan crank bearing yang berbentuk seperti huruf U yang berlokasi pada crank pin dan jounal. fungsinya sebagai bantalan agar putaran berlangsung lancar.

Bantalan ini terbuat dari bahan aluminium dengan gesekan yang sangat kecil. Ini akan membuat kerugian tenaga akibat gesekan didalam mesin akan diminimalisir.

Poros engkol sepeda motor

Poros engkol pada mesin sepeda motor, berbeda dengan mobil. Mesin motor yang memiliki silinder tunggal, tentu memiliki satu buah lengan ayun. Sementara dalam empat langkah piston hanya satu langkah yang dijadikan sumber tenaga.

Tentunya, pada motor yang hanya memiliki satu buah silinder ini tidaklah seimbang. Oleh sebab itu weigt balance pada crankshaft motor dibuat rata seperti flywheel (dengan bentuk melingkar) disamping kanan dan kiri poros engkol.

Bagaimana dengan mesin V engine (6 sampai 8 silinder)

Untuk mesin-mesin yang memiliki silinder diatas 4 silinder, sudut lengan crank shaft juga tentunya berbeda. Mesin 8 silinder juga memiliki satu buah poros engkol yang memiliki delapan buah lengan. Sudut peletakan lengan ini satu sama lain tidak dibuat sembarangan tapi ada perhitungan agar nantinya RPM mesin bisa stabil meski kecepatan tinggi.

demikian artikel tentang pengertian dan fungsi poros engkol pada mesin, baca pula beberapa pengertian dan fungsi komponen mesin lain hanya di Mesin Mobil 1 Blog.