Fungsi dan Pengertian Connecting Rod (Batang Piston) pada Mesin

Fungsi connecting rod – pada mesin pembakaran dalam kita mengenal kompone piston. Fungsi piston hanya untuk mengubah volume ruang bakar. Tapi perlu mekanisme khusus pada piston agar bisa bergerak naik turun. Untuk itulah batang torak digunakan.

Pengertian batang piston adalah sebuah komponen mesin yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga pistn ke poros engkol untuk kemudian diubah menjadi gerakan putaran. Baik mesin 4 tak atau 2 tak, bensin maupun diesel keberaddan komponen ini wajib. Karena mendukung proses kinerja mesin.

Fungsi batang penggerak ada tiga antara lain
  1. Sebagai penyalur tenaga piston ke poros engkol
  2. Sebagai pendukung kinerja piston agar bisa naik turun
  3. Sebagai lengan yang dijadikan sebagai pengubah gaya bersama dengan poros engkol

Dilihat dari fungsinya memang hanya satu fungsi utamanya yakni untuk menghubungkan piston dengan poros engkol tapi konstruksi batang penggerak tidak boleh sembarangan. Panjang connecting rod akan menentukan daya dan torsi mesin.

Untuk mesin dengan kecepatan tinggi biasanya memiliki panjang lengan engkol dan connecting rod yang pendek, karena agar rotasinya bisa berputar maksimal. sementara pada mesin diesel yang memungkinkan torsi yang cukup besar diperlukan long step agar torsi yang dihasilkan juga besar meski rpmnya tidak secepat short step.

Conecting rod memiliki dua ujung berbeda. Dibagian atas terdapat small end yang merupakan sebuah ring kecil yang terhubung dengan piston pin sementara dibagian bawah terdapat big end sebagai ring penghubung dengan poros engkol

Pada big end, cara pelepasanya berbeda dengan small end. Big end dilengkapi dengan connecting rod cap. Apa itu connecting rod cap ? komponen ini berbentuk huruf U jika dibuka dan saat disatukan maka akan berbentuk lingkaran seperti ring.

Fungsinya yakni untuk media pemasangan batang seher dengan crankshaft. Kita tahu, pemasangan crankshaft pada crank pin itu tidak harus dilakukan dengan melepas lingkaran pada connecting rod karena konstruksi poros engkol tidak mungkin di bongkar.

Untuk bahan, batang piston terbuat dari besi tuang seperti crank shaft, yang memiliki sifat kuat dan tahan lentur. Meski demikian, batang piston juga bisa bengkok saat terdapat banyak air didalam ruang bakar.

Sekian artikel tentang fungsi dan pengertian connecting rod pada mesin mobil simak juga fungsi komponen mesin lain hanya di blog ini