Pengertian dan Fungsi Poros Nok atau Camshaft pada Mesin

Fungsi poros nok - Pada prinsip kerja mesin 4 tak, kita mengenal langkah hisap dan buang. Apa itu langkah hisap dan langkah buang yakni proses dimana mesin mengalami pemasukan udara dan pembuangan udara. dalam hal ini katup menjadi pintu untuk membuka dan menutup saluran udara menuju ruang bakar.

tapi katup hanya berfungsi sebagai pintu sementara ada mekanisme lain yang menggerakan katupnagar bisa terbuka dan menutup. yaitu poros nok yang terdepat di ujung katup untuk menekan dan membebaskan katup.

pengertian camshaft sendiri adalah sebuah poros yang memiliki sejumlah nok atau cam yang dibuat dengan sudut tertentu, fungsi utama poros nok adalah untuk membuka katup pada mesin, meski demikian ada beberapa fungsi lagi pada katup antara lain

1. sebagai alat untuk menekan katup
2. Untuk memutar pompa oli
3. untuk memutar distributor
4. untuk memutar pompa injeksi (diesel comonrail)

Secara umum, memang fungsi utama camshaft yakni untuk membuka katup melalui tonjolan atau cam. Namun, agar mesin lebih efisien poros nok pun dihubungkan dengan beberapa komponen agar lebih hemat ruang juga.

pada sebuah poros nok, setidaknya terdapat dua buah cam untuk mesin berjenis single silinder, sementara untuk mesin 4 silinder memiliki 8 buah cam.

Letak camshaft ini berada didalam kepala silinder. umumnya pada sebuah mesin terdapat sebuah poros tapi beberapa mesin mengusung sistem DOHC atau dual cam yang bertujuan untuk membantu agar sauplai udara bisa maksimal

Bahan penyusun camshaft sama seperti komponen lain yang terbuat dari besi tuang yang kuat dan anti lentur. Tak heran meski poros ini kecil tapi bobotnya cukup berat.

sekian artikel tentang fungsi dan pengertian camshaft atau poros nok, baca pula pengertian komponen mesin lainya hanya di blog Mesin Mobil 1.