Pengertian dan Fungsi Radiator Pada Mesin

Fungsi radiator – pada dunia motor bakar kita mengenal bahwa mesin itu mengasilkan putaran karena adanya pembakaran, pembakaran yang dilakukan melibatkan api dan gas. Sehingga pasti akan menimbulkan panas. Namun, mesin itu terbuat dari komponen berbahan dasar logam yang pastinya memuai jika terkena panas. Untuk itu dikenal sistem pendingin pada mesin

Salah satu komponen sistem pendingin yang paling penting adalah radiator, radiator sendiri merupakan alat yang disediakan pada sistem pendinginan liquid atau cair baik motor atau mobil.

Pengertian radiator adalah sebuah komponen yang tersusun dari dua buah tangki yang memiliki sirip udara dengan tujuan pembuatan yakni sebagai tempat mereduksi panas melalui perpindahan panas ke udara bebas.

Fungsi radiator itu untuk mendinginkan air radiator, air ini saat berada pada mesin pasti menyerap panas mesin. Jika terus dipanaskan suhu air akan meningkat yang malah bisa membuat mesin kepanasan. Untuk itu dibuatlah sebuah komponen untuk mendinginkan air yang disebut dengan radiator.

Radiator memiliki tiga kompone utama antara lain
  • Inlet tank
  • Air wings
  • Outlet tank

Inlet tank adalah sebuah komponen yang berguna untuk menampung air panas mesin, air ini kemudian disalurkan kedalam sirip udara yang terletak diantara inlet dan outlet tank, kemudian dialirkan udara melewati air wings sehingga panas mesin bisa berpindah ke udara.

Prinsip Kerja Radiator

Seperti yang kita jelaskan diatas, radiator bukanlah sistem pendingin mesin namun pendingin air. Prinsip kerja radiator yakni dengan memindahkan panas yang terdapat pada air ke udara bebas dengan cepat.

Karena proses peningkatan suhu mesin juga cepat, maka radiator dituntut untuk bisa mendinginkan air pendingin secara cepat. Oleh sebab itu, konstruksi radiator memiliki banyak core. Itu adalah sebuah konsep agar luas penampang yang menerima panas air semakin lebar sehingga proses pendinginan berlangsung secara cepat.

Cara kerja radiator dimulai ketika mesin melebihi suhu kerja. Artinya saat mesin hidup namun masih dingin pun radiator belum bekerja, ini karena ada komponen thermostat yang akan menutup akses saluran pendingin dari mesin ke radiator ketika suhu kerja mesin belum tercapai.

Saat suhu mesin sudah mencapai 80 derajat celcius maka air dari mesin yang memiliki suhu tinggi akan masuk ke dalam inlet tank. Selanjutnya, air mengalir masuk kemasing-masing core untuk didinginkan. Diakhir saluran air yang telah didinginkan akan masuk ke outlet tank dengan suhu lebih rendah.

Bahan penyusun radiator terbuat dari seng yang tipis. Sementara sirip terbuat dari lempengan baja ringan yang memiliki sifat konduktor yang baik sebagai penghantar panas. Lokasi radiator mungkin anda sudah melihatnya yakni pada depan mesin dibalik bumper depan.

Lokasi ini tepat berada pada grill yang berfungsi sebagai ventilasi udara mesin sehingga pendinginan bisa berlangsung optimal. Sementara pada motor anda akan melihatnya tepat didepan mesin dengan lokasi yang terbuka sehingga udara bisa mengair tanpa perlu kipas pendingin.

Sekian artikel singkat tentang fungsi dan pengertian radiator pada mesin simak juga fungsi komponen mesin lain hanya di blog ini