Fungsi Piston Ring Expander dan Cara Menggunakannya

Piston ring expander adalah SST (special service tool) yang digunakan untuk membantu pemasangan dan pelepasan ring piston pada piston.

Ring piston sendiri merupakan komponen perapat celah antara piston dan silinder ketika piston terpasang, komponen ring piston ini terbuat dari baja yang sedikit fleksibel namun getas. Karena bersifat getas, maka ring piston akan sangat mudah patah apabila di kembangkan terlalu jauh.

Oleh sebab itu, ada alat bantu khusus yang digunakan untuk proses pemasangan dan proses pelepasan ring piston.


Bisa dikatakan, fungsi piston ring expander itu ada dua yakni melepas ring piston dari piston dan kedua memasang ring piston kedalam piston.

Lalu bagaimana cara kerja piston ring expander ?

Alat ini bentuknya mirip seperti tang besar yang sudah dimodifikasi, pada kedua mulut tang akan dibuat thread khusus untuk menopang ring piston. Sementara pada pangkal bawah mulut tang terdapat mekanisme dimana pangkal bawah tang akan membuka apabila kita menjepit handle tang.

Sehingga, ketika kita tekan tang maka bagian bawah tang yang akan membuka.

Bagaimana cara menggunakan piston ring expander ?


Untuk menggunakan alat ini, bukanlah perkara yang sulit. Anda hanya perlu memasukan alat ini tepat pada posisi ring lalu tekan gagang hingga ring piston membuka.

1. Langkah pelepasan ring piston menggunakan piston ring expander

Untuk melepas ring piston, pertama posisikan tang tepat masuk kedalam ring piston. Kedua mulut tang menyangga ring piston dan bagian pangkal bawah tang bertemu dengan celah ring piston. Lalu dengan perlahan tekan gagang tang hingga ring piston lebih membuka. Segera tarik keatas hingga ring piston terlepas.

2. Langkah pemasangan ring piston menggunakan piston ring expander

Untuk memasangnya, juga hampir sama namun pertama posisikan ring piston kedalam tang. Posisinya sama, pastikan kedua mulut tang menyangga bagian ring piston dan celah ring piston bertemu dengan pangkal bawah tang.

Sebelum menarik handle, posisikan dahulu piston ring expander beserta ring piston pada atas piston agar anda tidak menarik handle berlebihan. Tarik handle hingga ring piston bisa masuk kedalam piston. Kalau ring piston sudah pas dengan thread di dinding piston, anda bisa melepaskan piston ring expander.

Itu saja artikel singkat tentang pengertian piston ring expander dan fungsinya, semoga bisa menambah wawasan kita semua.