Fungsi kepala silinder – pada mesin pembakaran dalam,
komponen kepala silinder menjadi komponen penting karena blok ini terletak
diatas blok utama yang memisahkan ruang bakar. Didalam blok kepala silinder
juga terdapat banyak komponen yangh tertempel, sehingga fungsional cylinder
head itu cukup penting.
Pengertian kepala silinder adalah sebuah blok komponen yang
terletak diatas blok silinder sebagai tolakan ruang bakar dan sebagai tempat
berlangsungnya beberapa sistem seperti sistem mekanisme katup.
Fungsi kepala silinder ada bermacam-macam antara lain
- Sebagai tempat katup beroperasi
- Sebagai tempat pembakaran mesin
- Sebagai tolakan piston saat terjadi pembakaran
- Sebagai tempat untuk proses intake dan exhaust
- Sebagai tempat menempelnya intake manifold dan exhaustmanifold
Mengingat banyaknya fungsi pada kepala silinder, artinya
komponen ini masuk kedalam komponen utama mesin setelah blok mesin. Jika kita
lihat antara kepala silinder mesin diesel dan bensin itu berbeda, perbedaannya
apa ?
Perbedaannya terletak pada permukaan ruang bakar. Pada mesin
bensin memiliki cylinder head dengan permukaan bawah yang memiliki coakan. Coakan
ini fungsinya sebagai ruang bakar sementara mesin diesel memiliki permukaan
lebih rata karena pada mesin indirect ruang bakarnya ada didalam head sehingga
hanya menyisakan lubang.
Sementara untuk mesin diesel direct injecton memiliki ruang
bakar pada permukaan piston sehingga permukaan cylinder head tetap rata.
Selain itu konstruksi kepala silinder mesin dua tak dan
empat tak juga berbeda. Mesin dua tak hanya memiliki ruang bakar dan kabel
busi, sementara pada mesin 4 tak sudah memiiki konstruksi yang cukup rumit
karena selain busi juga ada mekanisme katup yang beroperasi.
Dulu cylinder head terbuat dari bahan besi tuang seperti
blok silinder, namun penggunaan bahan besi tuang itu sangat menyita berat yang
ditanggung sehingga berat kosong mobil juga meningkat. Untuk itu sekarang
komponen kepala silinder sudah dibuat dari bahan yang lebih ringan yakni paduan
baja dan alumunium.
Bahan aluminium dipilih karena memiliki berat yang cukup
ringan, sementara kekuatanya di tanggung oleh baja yang tercampur. Selain itu
warna alumium ini juga mengkilapo sehingga lebih mudah dibersihkan.
Komponen pada head cylinder antara lain ;
- Combustion chamber, ruang bakar adalah sebuah ruangan kusus yang dijadikan sebagai tempat material yang telah dikompresi oleh piston untuk kemudian dibakar oleh busi. Cara kerja ruang bakar ini, hanya mengumpulkan masa udara dan bensin yang berada didalam ruang silinder. Nantinya saat piston bergerak keatas udara tersebut akan dipampatkan kedalam ruang bakar. Dengan kata lain volume ruang bakar ini jauh lebih kecil dibandingkan volume ruang silinder.
- Intake port, kita mengenail intake manifold sebagai penyalur udara dari luar mesin. Sementara intake port merupakan saluran yang sudah dibentuk saat pengecoran kepala silinder yang dipakai untuk menghubungkan/menempelkan intake. Nantinya ada saluran yang mengarah kedalam combustion chamber melewati sebuah katup.
- Exhaust port, hampir sama seperti intake port tapi exhaust port terletak dinagian exhaust side atau sisi pembuangan. Mungkin dilihat dari ukurannya port exhaust ini lebih kecil karena gas sisa pembakaran volumenya tidak sebanyak udara saat intake.
- Oil feed, jalur oli bisa anda temukan pada komponen engine block/blok silinder dan kepala silinder. Fungsi dari oil feed ini cuma untuk mengalirkan oli dari pompa ke atas (bagian mekanisme katup) didalam kepala silinder. Jalur ini bisa anda temukan pada lubang-lubang disekitar sisi head cylinder.
- Coolant feed, ini juga memiliki kesamaan seperti oil feed tapi jalur kedua fluida ini jelas terpisah. Coolant feed menjadi jalur untuk mengalirkan air pendingin untuk mendinginkan mesin. Jalur ini juga bisa anda temukan pada lubang-lubang di sekitar kepala silinder.
- Cylinder head cover, terakhir adalah tutup kepala silinder yang menjadi penutup bagian mekanisme katup didalam cylinder head. Tutup ini biasanya terbuat dari material yang ringan seperti plastik atau aluminium.
Sementara pada sepeda motor, kontruksi kepala silinder tidak serumit yang kita temui pada mobil. Alasannya mesin motor hanya memiliki satu buah silinder. Sehingga kontruksi baik blok atau headnya juga lebih sederhana.
Mungkin untuk mesin berkapasitas 125 cc kebawah pada motor, kita tidak akan menemui coolant feed karena mesin ini mengusung pendingin alami (sirip pada blok mesin).
Sekian informasi terkait fungsi dan pengertian kepala
silinder pada mesin, baca pula pengertian komponen mesin lainya hanya di blog Mesin Mobil 1.