Fungsi Dan Pengertian Kepala Silinder Pada Mesin 4 Tak

Fungsi kepala silinder – pada mesin pembakaran dalam, komponen kepala silinder menjadi komponen penting karena blok ini terletak diatas blok utama yang memisahkan ruang bakar. Didalam blok kepala silinder juga terdapat banyak komponen yangh tertempel, sehingga fungsional cylinder head itu cukup penting.

Pengertian kepala silinder adalah sebuah blok komponen yang terletak diatas blok silinder sebagai tolakan ruang bakar dan sebagai tempat berlangsungnya beberapa sistem seperti sistem mekanisme katup.

Fungsi kepala silinder ada bermacam-macam antara lain
  • Sebagai tempat katup beroperasi
  • Sebagai tempat pembakaran mesin
  • Sebagai tolakan piston saat terjadi pembakaran
  • Sebagai tempat untuk proses intake dan exhaust
  • Sebagai tempat menempelnya intake manifold dan exhaustmanifold

Mengingat banyaknya fungsi pada kepala silinder, artinya komponen ini masuk kedalam komponen utama mesin setelah blok mesin. Jika kita lihat antara kepala silinder mesin diesel dan bensin itu berbeda, perbedaannya apa ?

Perbedaannya terletak pada permukaan ruang bakar. Pada mesin bensin memiliki cylinder head dengan permukaan bawah yang memiliki coakan. Coakan ini fungsinya sebagai ruang bakar sementara mesin diesel memiliki permukaan lebih rata karena pada mesin indirect ruang bakarnya ada didalam head sehingga hanya menyisakan lubang.

Sementara untuk mesin diesel direct injecton memiliki ruang bakar pada permukaan piston sehingga permukaan cylinder head tetap rata.

Selain itu konstruksi kepala silinder mesin dua tak dan empat tak juga berbeda. Mesin dua tak hanya memiliki ruang bakar dan kabel busi, sementara pada mesin 4 tak sudah memiiki konstruksi yang cukup rumit karena selain busi juga ada mekanisme katup yang beroperasi.

Dulu cylinder head terbuat dari bahan besi tuang seperti blok silinder, namun penggunaan bahan besi tuang itu sangat menyita berat yang ditanggung sehingga berat kosong mobil juga meningkat. Untuk itu sekarang komponen kepala silinder sudah dibuat dari bahan yang lebih ringan yakni paduan baja dan alumunium.

Bahan aluminium dipilih karena memiliki berat yang cukup ringan, sementara kekuatanya di tanggung oleh baja yang tercampur. Selain itu warna alumium ini juga mengkilapo sehingga lebih mudah dibersihkan.

Komponen pada head cylinder antara lain ;

  • Combustion chamber, ruang bakar adalah sebuah ruangan kusus yang dijadikan sebagai tempat material yang telah dikompresi oleh piston untuk kemudian dibakar oleh busi. Cara kerja ruang bakar ini, hanya mengumpulkan masa udara dan bensin yang berada didalam ruang silinder. Nantinya saat piston bergerak keatas udara tersebut akan dipampatkan kedalam ruang bakar. Dengan kata lain volume ruang bakar ini jauh lebih kecil dibandingkan volume ruang silinder.
  • Intake port, kita mengenail intake manifold sebagai penyalur udara dari luar mesin. Sementara intake port merupakan saluran yang sudah dibentuk saat pengecoran kepala silinder yang dipakai untuk menghubungkan/menempelkan intake. Nantinya ada saluran yang mengarah kedalam combustion chamber melewati sebuah katup.
  • Exhaust port, hampir sama seperti intake port tapi exhaust port terletak dinagian exhaust side atau sisi pembuangan. Mungkin dilihat dari ukurannya port exhaust ini lebih kecil karena gas sisa pembakaran volumenya tidak sebanyak udara saat intake.
  • Oil feed, jalur oli bisa anda temukan pada komponen engine block/blok silinder dan kepala silinder. Fungsi dari oil feed ini cuma untuk mengalirkan oli dari pompa ke atas (bagian mekanisme katup) didalam kepala silinder. Jalur ini bisa anda temukan pada lubang-lubang disekitar sisi head cylinder.
  • Coolant feed, ini juga memiliki kesamaan seperti oil feed tapi jalur kedua fluida ini jelas terpisah. Coolant feed menjadi jalur untuk mengalirkan air pendingin untuk mendinginkan mesin. Jalur ini juga bisa anda temukan pada lubang-lubang di sekitar kepala silinder.
  • Cylinder head cover, terakhir adalah tutup kepala silinder yang menjadi penutup bagian mekanisme katup didalam cylinder head. Tutup ini biasanya terbuat dari material yang ringan seperti plastik atau aluminium.

Sementara pada sepeda motor, kontruksi kepala silinder tidak serumit yang kita temui pada mobil. Alasannya mesin motor hanya memiliki satu buah silinder. Sehingga kontruksi baik blok atau headnya juga lebih sederhana.

Mungkin untuk mesin berkapasitas 125 cc kebawah pada motor, kita tidak akan menemui coolant feed karena mesin ini mengusung pendingin alami (sirip pada blok mesin).

Sekian informasi terkait fungsi dan pengertian kepala silinder pada mesin, baca pula pengertian komponen mesin lainya hanya di blog Mesin Mobil 1.