Fungsi dan Pengertian Intake Manifold Pada Mesin

Fungsi intake manifold – pada sebuah mesin, kita mengenal prinsip kerja mesin salah satunya langkah hisap. Pada langksh hisap mesin membutuhkan pasokan udara dan bahan bakar yang dimasukan melalui saluran intake menuju intake valve.

Dalam hal ini keberadaan saluran intake menjadi cukup penting mengingat komponen ini akan menjaga udara dan memastikannya masuk dengan sempurna ke dalam ruang silinder.

Pengertian intake manifold adalah sebuah saluran khusus yang ditujukan untuk mengalirkan udara dari karburator ke dalam mesin. Memang, saluran ini panjangnya cukup singkat karena hanya sebagai penyalur udara dari karbu, tapi tanpa adanya saluran intake maka karb akan kesulitan beroperasi karena lokasinya tidak memungkinkan.

Fungsi intake manifold adalah sebagai berikut
  1. Sebagai tempat udara masuk ke mesin
  2. Sebagai tempat untuk membuat campuran udara dan bahan bakar lebih homogen
  3. Sebagai output saluran EGR
  4. Sebagai output saluran evaporative

Jika kita melihat bentuk dari intake ini mungkin cukup unik karena beberapa mesin mengusung bentuk seperti cangkang. Hal itu ditujukan agar campuran udara dan bahan  bakar lebih homogen. Tapi ada juga bentuk intake yang cukup sederhana karena hanya sebatas pipa yang menyalurkan udara dari karbu ke mesin, seperti pada motor yang menggunakan single silinder.

Untuk mesin Efi, intake manifold juga dijadikan sebagai tempat untuk meletakan injektor karena pada mesin bensin injeksi, bahan bakar akan diinjeksikan didalam intake saat langkah hisap. Umumnya, lokasi injektor ini berada didekat saluran masuk ke kepala silinder,

Sementara untuk mobil-mobil konvensional, intake manifold juga dimanfaatkan untuk mengoperasikan vacum advancer pada distributor. Hal ini sesuai dengan prinsip kerja vacum advancer yang bekerja dengan memanfaatkan kevakuman intake manifold. Sehingga kita akan melihat sebuah selang dari intake menuju distributor.

Saluran masuk ini terbuat dari bahan bermacam macam, dulu bahan aluminium dan carbon digunakan karena ringan dan lebih kuat. Tapi penggunaan logam membuat pengendapan bensin saat cold start itu besar sehingga saat sekarang banyak digunakan bahan plastik yang didesain khusus agar lebih kuat.

Pada sepeda motor, intake manifold mungkin hanya berbentuk selang. Ini karena mesin motor hanya memiliki silinder tunggal yang aliran udaranya juga terpusat (tidak terbagi ke arah lain) sehingga bentuk intake juga lebih sederhana.

Ada perbedaan pada selang udara dan intake manifold. Intake manifold itu beda dengan selang udara, kalau intake beroperasi setelah karburator dan intake juga menahan kevakuman akibat hisapan piston. Sementara selang udara terletak dari filter menuju karburator. Selang ini hanya berfungsi mengalirkan udara tanpa dikenai kevakuman.

Apa akibatnya kalau intake manifold bocor ?

Kemungkinan masalah kebocoran intake itu ada. Kalau ini terjadi, kinerja mesin akan berantakan. Apa sebabnya ? alasannya karena ada udara bebas yang masuk dari lokasi kebocoran ini. Sementara bensin sudah diatur berdasarkan udara yang mengalir melewati karburator. Artinya kebocoran intake akan membuat campuran lebih miskin. Ini akan membuat mesin brebet hingga mati secara tiba-tiba.

(baca pula : Pengertian dan Fungsi Exhaust Manifold)

Demikian artikel tentang fungsi dan pengertian intake manifold pada mesin. Baca juga beberapa fungsi komponen mesin lain hanya di blog Mesin mobil 1.