Pengertian dan Fungsi komponen blok silinder pada mesin

fungsi blok silinder pada mesin itu sangat vital karena digunakan sebagai tempat utama bergeraknya mesin. Bisa dibilang blok silinder adalah tubuh utama mesin yang menyambungkan seluruh komponen komponennya. Fungsi blok mesin yang lainya adalah sebagai berikut

1. sebagai tempat piston beroperasi atau naik turun
2. sebagai tempat blok silinder berdiri
3. sebagai tempat berdirinya poros engkol dan mekanismenya
4. sebagai tempat perlindungan komponen  liner dan saluran oli
5. sebagai tempat water jacket
6. sebagai tempat altenator berdiri

selain enam fungsi diatas pastinya masih ada banyak fungsi blok silinder yang tidak bisa disebutkan. intinya blok mesin itu terletak di tengah-tengah mesin atau central engine component. oleh karena itu letak nomor mesin pasti berada pada blok silinder.

meski diemikian blok silinder juga merupakan komponen  mesin yang rawan aus karena kinerjanya selalu bergesekan dengan ring piston oleh karena itu pada beberapa kasus blok silinder bisa aus. solusinya yakni dengan melakuka bore up atau oversize. langkah ini diambil agar posisi silinder bisa kembali pas dengan piston.

hanya saja oversize juga ada batasnya jika mesin sudah berumur lebih dari 10 tahun maka bisa kemungkinan ada kerusakan blok silinder yang tidak bisa diperbaiki. solusinya yakni dengan melakukan penggantian blok dengan komponen baru artinya ganti blok juga ganti nomor mesin, ujung ujungnya hal ini akan merepotkan.

pengertian blok silinder sendiri adalah sebuah komponen vital kendaraan khususnya bagian mesin yang berfuingsi untuk tempat piston beroperasi. Selain itu pada blok silinder juga terdapat water jacket yang fungsinya untuk mendinginkan mesin melalui selubung air.

bahan pembuat blok terbuat dari besi tuang yang kuat dan berat. namun pada liner biasanya terbuat dari bahan alumunium agar lebih leluasa bergesekan dengan ring piston sehingga lebih awet dan licin.

ada tiga jenis blok mesin antara lain

1. single blok

blok silinder tunggal hanya memiliki satu buah blok silinder dan biasanya terdapat pada mesin sepeda motor

2. twin bok / V blok

konfigurasi kedua ditemui juga pad motor gede dengan dua buah silinder yang membentuk huruf V. selain itu pada mobil mobil sport v blok dengan jumlah silinder 6 hingga 12 pun banyak digunakan karena daya dan kapasitasnya cukup besar

3. inline blok

tipe yang paling umum digunakan pada mobil mobil keluarga atau niaga adalah tipe segaris dengan konfigurasi 4 silinder. tipe ini dikenal irit dan memiliki kapasitas sedang

itulah pengertian dan fungsi blok silinder semoga bermanfaat, baca pula pengertian komponen mesin lainya hanya di blog Mesin Mobil 1.