Fungsi dan Pengertian Ring Piston Pada Mesin

Fungsi ring piston - meski terkesan sepele dan komponennya cukup kecil, fungsi komponen ring piston itu tidak kalah penting dengan komponen lainya. pasalnya pada komponen inilah kesehatan mesin dapat terjaga, mengapa sebuah ring bisa menjaga kesehatan mesin ?

pada prinsip kerja mesin 4 tak kita mengenal adanya langkah kompresi dimana piston bergerak dari TMB ke TMA. saat itulah seher menekan semua gas yang ada diruang silinder menjadi cukup kecil sehingga tekanannya meningkat.

hanya saja desain torak yang dibuat jauh lebih kecil diameternya dengan silinder berpotensi mengalami kebocoran. disisi lain jika diameter piston dibuat lebih rapat maka berpotensi terkunci akibat pemuaian dan pergerakan piston pasti akan keras karena ada banyak bidang yang bergesekan.

untuk itu diambilah sebuah ring piston yang fungsinya merapatkan celah antara piston dengan ruang bakar dengan luas penampang bergesekan hanya sekitar 1 milimeter.

Pengertian Ring Seher

Ring piston atau cinicn torak adalah sebuah komponen berbentuk seperti cincing tidak sempurna (ada celah) yang mencegah piston bergesekan secara langsung dengan dinding silinder. Ini digunakan agar gaya gesek yang timbul itu kecil, bisa dibayangkan piston dengan permukaan samping yang lebar bergesekan dengan silinder maka akan menimbulkan gaya gesek.

Gaya gesek itu tidak hanya merugikan power output tapi juga berpotensi mempercepat keausan. berkat adanya ring seher, maka piston tidak secara langsung bergesekan dengan silinder tanpa kebocoran kompressi.

Ada beberapa fungsi dari ring piston yakni

  • Sebagai perapat saat piston melakukan tugasnya mengompresi udara saat langkah kompresi.
  • Mencegah gas buang masuk kedalam ruang engkol ketika langkah exhaust.
  • Mencegah daya pembakaran bocor kedalam ruang engkol ketika pembakaran terjadi.
  • Mencegah piston bergesekan dengan silinder yang memperlama umur piston.


Dalam satu buah torak, minimal terdapat 3 buah ring piston dan pada torak mesin diesel bisa memiliki empat buah ring piston. Masing-masing terdiri dari satu ring oli dan sisanya ring kompresi.

1. ring kompresi satu

ring kompresi satu terletak paling atas didekat ruang bakar. fungsi ring pertama yakni cukup berat karena harus menahan beban kompresi secara langsung

2. ring kompresi dua

sementara lapisan kedua ada ring kompresi juga namun fuingsinya hanya membantu kinerja ring pertama agar tekana kompresi bisa maksimal

3, ring oli

sementara ring paling bawah terdapat ring khusus oli, ring ini tidak memiliki daya kompresi namun sanggup membilas seluruh oli mesin yang menempel pada dinding silinder saat mesin beroperasi

Cara kerja ring piston

Ring seher bekerja ketika piston bergerak, jadi perlu diketahui dulu bahwa bahan ring ini adalah baja elastis namun getas. Jadi sifat elastinya ini digunakan agar ring bisa meregang didalam silinder, sehingga tidak ada celah dibagian luar ring.

Namun untuk memperkuat daya tahan ring terhadap panas, ditambahkan logam baja yang anti meleleh, Ini membuat ring seher memiliki daya elastis yang terbatas (jika diregangkan berlebihan bisa patah).

Secara normal, diameter ring piston itu lebih besar dari diameter silinder. Ketika ring dimasukan kedalam ring thread pada piston, cincin ini akan menonjol keluar. Untuk memasukan ring dengan diameter lebih besar tersebut digunakan alat khusus bernama piston ring compressor.

Saat ring berhasil masuk kedalam silinder, maka secara otomatis ring akan mengincup dan karena memiliki daya elastis maka ring tersebut akan bergerak kearah luar yang merapatkan celah antara ring dengan silinder.

Saat seperti ini, maka tidak ada kebocoran kompresi yang terjadi ketika piston bergerak naik turun.

Sementara ring oli bekerja dengan membilas bagian dinding silinder, karena bahannya terbuat dari sabuk baja yang berserat maka memudahkan untuk membilas oli yang menempel pada dinding silinder. Sehingga tidak ada istilah oli masuk ke ruang bakar.

sekian pengertian dan fungsi ring piston pada mesin semoga bermanfaat, baca pula pengertian komponen mesin lainya hanya di blog Mesin Mobil 1.