Prinsip Kerja mesin bensin 4 tak

Prinsip kerja mesin bensin 4 tak dibagi menjadi 4 tahap, yakni langkah hisap, langkah usaha, langkah kompresi dan langkah buang. Setiap langkah pada mesin memiliki peranya masing masing.

4 tak dalam hal ini artinya empat langkah atau empat fase seperti yang dijelaskan diatas, ada empat fase salam satu siklus yaikni tahap pengisian atau intake, tahap penekanan atau compressed, kemudian tahap usaha atau burning dan terakhir tahap pembuangan atau exhaust.

langkah hisap

langkah hisap dimulai saat piston berada di tma atau titik mati atas, dimana piston bergerak kebawah sehingga volume di ruang bakar membesar. Hasilnya akan terdapat hisapan didalam ruang bakar. dalam fase ini katup intake terbuka sehingga gas bisa masuk ke mesin.

langkah kompresi

langkah kompresi dimulai ketika mesin berada di titik mati bawah selesai melakukan hisapan. Piston bergerak ke atas dengan posisi katup tertutup sehingga terjadilah kompresi. Hasilnya udara jadi naik suhunya dan tekanan meningkat sehingga gas menjadi lebih homogen.

langkah usaha

langkah usaha dimulai ketika akhir langkah kompresi dimana kondisi tekanan dan suhu gas di ruang bakar sedang pada posisi tinggi. saat langkah usaha, busi memercikan bunga api sehingga campuran gas yang memiliki suhu tekanan tinggi terbakar seketika. hal itu langsung mendorong piston ke posisi bawah.

langkah buang

langkah terakhir terjadi saat selesai langkah usaha dimana piston mendapatkan dorongan akibat proses pembakaran didalam mesin hingga piston berada di bawah. saat ini kondisi katup buang terbuka sehingga saat piston bergerak naik maka gas sisa pembakaran keluar dari ruang bakar dan disalurkan ke knalpot.

langkah selanjutnya kembali lagi ke langkah hisap dan seterusnya hingga pengapian dinonaktifkan. dalam satu siklus mesin memiliki empat fase dimana tiap fase terdiri dari satu gerakan piston sehingga ketika ada empat kali gerakan naik turun piston maka bisa dihitung dua putaran engkol.

sehingga dalam satu siklus mesin 4 tak itu terdiri dari dua kali putaran engkol sementara mesin 2 tak hanya 1 kali putaran engkol tiap siklusnya. itulah prinsip kerja mesin bensin 4 tak lengkap Baca juga beberapa fungsi komponen mesin lain hanya di blog Mesin mobil 1.
First