Pengertian dan Fungsi Reservoir Tank pada Pendingin Mobil

Fungsi Reservoir tank - Didalam sistem pendingin mobil, kita mengenal sebuah sistem pendingin menggunakan air pendingin. Prinsipnya yakni dengan memindahkan panas dari mesin ke udara luar melalui media cairan.

Namun, hal yang perlu diketahui saat air membawa panas mesin maka suhu dan tekanan air tersebut meningkat. Hal ini bisa berpotensi membuat kebocoran di sistem pendingin. untuk itu, pada sistem pendingin dibuatlah sebuah komponen untuk mencegah adanya tekanan yang berlebih didalam sistem pendingin.

Pengertian reservoir tank adalah sebuah tabung air yang berada di luar sistem pendingin yang tujuan awalnya adalah menampung cadangan air pendingin disaat mesin bekerja. Namun dalam prosesnya reservoir tank memiliki fungsi antara lain

1. Untuk menampung air yang terbuang akibat tekanan yang terlalu tinggi
2. Sebagai ruang terjadinya kompresi dikala suhu dan tekanan air meningkat. ini ada pada closed sistem.
3. menampung cadangan air pendingin

ada dua macam sistem pendingin, yaitu open system dan closed system. open system adalah sebuah rangkian sistem pendingin dimana terdapat ventilasi menuju tanki reservoir yang digunakan saat tekanan melebihi normal.

sementara closed system merupakan sebuah sistem yang tidak terdapat ventilasi karena tabung reservoir sudah tersusun menyatu dengan rangkaian sistem pendingin. Sementara untuk mengatasi tekanan yang meningkat, digunakan pada ruang tabung reservoir yang luas.

Reservoir umumnya terbuat dari bahan plastik tebal yang tahan akan panas. Sehingga saat digunakan umurnya bisa bertahan lama tanpa terjadinya bocor.

Saat reservoir bocor maka untuk sistem pendingin closed sistem hal itu cukup menjadi masalah, karena air pendingin bisa habis. tapi untuk open system, hal inu tidak terlalu berefek karena terletak di luar rangkaian pendingin, tapi tetap dalam beberapa waktu air pendingin semakin berkurang.

demikian artikel tentang fungsi dan pengertian komponen reservoir tank semoga bermanfaat.