Fungsi Selang Radiator - Sebuah mesin
pasti memiliki sistem pendinginan yang bertujuan untuk mendinginkan panas mesin
yang timbul saat proses pembakaran mesin berlanjut.
Pada mobil, umumnya dipakailah sistem
pendingin air, dengan memanfaatkan air sebagai penghantar untuk memindahkan
panas ke udara luar.
Dalam melakukan proses pendinginan, air
radiator di dukung oleh komponen selang yang fungsinya sebagai tempat air
bersirkukasi ke seluruh komponen sistem pendingin.
Pengertian selang radiator adalah sebuah
atau beberapa komponen bebentuk seperti saluran yang memiliki fungsi utama
sebagai tempat mengalirnya air pendingin.
Selang radiator berbeda dari selang-selang
lain karena akan mengalirkan air dengan suhu cukup tinggi. Oleh karena itu
selang radiator dibuat dengan bahan karet khusus yang memiliki ketahanan
terhadap suhu serta memiliki ketebalan yang lebih besar.
Pada sebuah mesin, setidaknya ada dua unit
selang. Namun pada kenyataannya ada beberapa selang tambahan antara lain ;
1. Radiator Inlet Hose, adalah selang dari
mesin ke radiator
2. Radiator Outlet Hose, adalah selang
output radiator ke mesin.
3. Reservoir tank hose, selang dari
reservoir ke sistem rangkaian pendingin.
4. Heater hose, selang yang menghubungkan
sistem pendingin dengan heater mobil.
Selain itu juga biasanya terdapat selang bypass. apa itu ? selang ini menjadi titik temu antara selang inlet radiator, selang reservoir dan water jacket. fungsi bypass disini yakni sebagai persilangan pada sistem pendingin tipe closed.
sebelumnya kita mengenal dua sistem pendingin yakni sistem open dan closed. bedanya, jika sistem open maka air radiator bisa keluar saat terdapat tekanan berlebih pada sistem, sementara closed system, tidak memiliki saluran keluar dan hanya mengandalkan ruang didalam reservoir untuk mengatasi tekanan yang berlebih.
sekian artikel tentang sistem pendingin semoga bermanfaat.