Pengertian dan Fungsi Thermostat pada Pendingin Mobil

Fungsi Thermostat - Didalam sistem pendingin mesin terdapat sebuah komponen bernama thermostat. Letaknya yang tersembunyi didalam sistem pendingin membuat komponen ini tak banyak diketahui banyak orang.

Fungsi utama thermostat yaitu sebagai gerbang antara water jacket didalam mesin dan ruang radiator. Mengapa sistem pendingin harus dibekali dengan gerbang ini ?

karena mesin juga membutuhkan panas untuk keberlangsungan kinerjanya. Jika panas yang dihasilkan saat mesin dingin langsung di alirkan ke radiator maka peningkatan suhu mesin akan terasa lama. Sehingga butuh lebih lama sebelum mesin benar-benar bekerja optimal.

Efek sebuah mobil yang dilengkapi dengan thermostat adalah

1. Lebih cepat panas, sehingga tidak perlu waktu lama untuk memanaskan.
2. Lebih irit bahan bakar.

Baik mesin diesel ataupun bensin, komponen thermostat wajib keberadaannya pada sistem pendinginannya, cara kerja thermostat juga ada dua macam, yakni tipe konvensional dan tipe elektrik.

1. Tipe konvensional

Pada tipe konvensional, masih menggunakan perbedaan suhu air untuk membuka gerbang antara dua ruang ini. Bahan berupa lilin khusus yang bereaksi dengan perbedaan suhu digunakan untuk tipe ini.

saat suhu masih dingin atau belum mencapai 70 derajat celcius, maka lilin akan berada pada posisi semula. Sementara saat suhu mulai melebihi 70 derajat maka lilin berangsur menciut dan menarik plat yang memisahkan kedua ruang. Sehingga aliran bisa mengalir keluar.

2. Tipe Elektrik

Pada tipe elektrik sudah menggunakan energi listrik berupa solenoid untuk membuka dan menutup aliran. Prinsip kerjanya sama seperti tipe konvensional namun pada tipe ini perlu bantuan sensor ECT untuk mendeteksi suhi air pendingin.

Secara keseluruhan, tipe elektrik ini lebih baik karena memiliki pembacaan suhu yang lebih tepat. Sementara pada tipe konvensional akan lebih efisien karena bisa bekerja otomatis tanpa bantuan energi listrik.


demikian artikel singkat mengenai pengertian komponen thermostat pada sistem pendingin mesin, semoga bermanfaat.