Pengertian dan Fungsi Sistem Choke pada Motor

Fungsi Choke - Pada sebuah motor mungkin kita menemui adanya tuas pada area indikator lampu di stang yang bertuliskan Choke. Terus apa anda tahu apa artinya dan apa fungsinya ?

Pengertian Choke adalah sebuah sistem pada karburator mesin baik motor atau mobil yang bertujuan untuk mendukung kinerja mesin saat kondisi mesin masih dingin.

Biasanya saat motor atau mobil dikeluarkan di pagi hari saat awal dihidupkan, suhunya akan dingin karena terpengaruh suhu lagi hari yang dingin. Jika mesin dihidupkan, maka bensin akan mengembun di dinding intake karena suhu komponen mesin yang dingin ditambah bensin yang mudah menguap.

sehingga bensin tidak masuk keseluruhannya ke dalam ruang bakar, hal itu menyebabkan campuran yang kurus sehingga mesin akan sulit dihidupkan.

Fungsi sistem choke yakni untuk mengatasi masalah ini dengan menambahkan lebih banyak bensin agar campuran didalam ruang bakar bisa lebih ideal.

cara kerja choke motor yakni dengan menutup saluran udara sebelum masuk ke karburator. Saat mesin dihidupkan maka udara akan mengalir melalui saluran ini, jika saluran ditutup maka kevakuman didalam venturi akan semakin besar sehingga bensin dari ruang pelampung tersedot akibat kevakuman.

untuk menutup saluran ini digunakan plat yang menutup sebagian saluran saja, karena jika ditutup keseluruhan maka udara yang tidak bisa masuk. Sehingga fungsi choke ini hanya memperbesar perbedaan tekanan pada venturi dan ruang pelampung agar bensin yang keluar lebih banyak.

cara menggunakan sistem choke ini yakni dengan menarik tuas choke, setelah itu anda langsung bisa menghidupkannya. Tidak semua tuas cuk ini berada di stang motor, ada pula yang terletak di area karbu.


sementara motor atau mobil injeksi, sudah tidak lagi memiliki choke, karena sistem ini sudah diambil alih secara keseluruhan oleh rangkaian EFI. Sekian artikel tentang fungsi serta pengertian sistem cuk mobil.