Pengertian dan Fungsi Karburator Pada Mobil

Fungsi Karburator - Pada mesin bensin, kita mengenal proses pembakaran mesin yang berawal dari adanya campuran udara dan bensin yang masuk kedalam ruang bakar. Tapi pernahkan anda memikirkan tentang pencampuran bahan bakar dan udara itu ?

Inilah fungsi karbu yakni sebagai media tempat bercampurnya bensin dengan udara atau oksigen, tapi bukan sembarang campuran karena didalam karburator sudah didesain agar campuran berlangsung ideal.

Pengertian Karburator adalah sebuah komponen yang terdiri dari beberapa rangkaian mekanis yang bekerja sama untuk memaksimalkan kinerja mesin melalui pengaturan bahan bakar dan udara di segala kondisi baik RPM tinggi maupun rendah.

Fungsi Karburator pada mesin, secara umum ada beberapa yakni,

1. Sebagai Tempat outout bensin dari tanki
2. Sebagai pengatur RPM mesin

Untuk fungsi yang pertama, yakni sebagai output bensin. Bahan bakar dari tanki harus melewati karbu sebelum masuk ke ruang bakar. Didalam karbu yang menggunakan sistem konvensional, bensin bisa keluar ke saluran intake berkat adanya perbedaan tekanan.

prinsip kerja karbu dimulai saat bensin masuk ke ruang pelampung, disini tekanan bensin sama dengan tekanan udara luar. Saat udara melewati sebuah lorong kecil dengan kecepatan tertentu maka tekanannya akan menurun, sehingga bensin bisa keluar ke lorong tersebut melalui noozle.

Setidaknya didalam karbu mobil, terdapat beberapa sistem antara lain

1. Sistem Pelampung
2. Sistem Choke
3. Sistem Akselerasi
4. Sistem Idle
5. Sistem Power
6. Sistem High Speed

Setidaknya, keenam sistem tersebut bekerja secara mekanis. Untuk sekarang, kita akan kesulitan untuk menemukan mobil dengan karbu karena sekarang sudah sangat banyak mobil-mobil berteknologi EFI.

Hal itu dikarenakan sistem EFi memiliki pemakaian bahan nakar lebih ekonomis dan emisinya juga lebih tertata. Namun, untuk prinsip kerja sama seperti karbu.


demikian artikel singkat mengenai fungsi dan pengertian karburator pada mesin mobil dan motor.