Fungsi sistem pendingin - Kendaraan bermotor, selain menghasilkan emisi juga menghasilkan panas. Panas pada kendaraan bermotor tidak dapat dicegah karena panas menjadi salah satu aspek dalam prinsip kerja mesin.
Namun panas yang berlebihan justru akan merusak komponen mesin itu sendiri karena komponen mesin ini terbuat dari bahan logam. Dan logam akan memuai pada suhi yang tinggi, selain itu ada pula komponen mesin berbahan plastik dan karet. Jika suhunya tinggi apa tidak meleleh ?
Untuk itulah sistem pendingin sepeda motor dibuat.
Pengertian sistem pendingin adalah sebuah rangkaian tersistematis yang digunakan untuk mencegah mesin dan seluruh komponennya memiliki suhu diatas suhu kerja. Apa itu suhu kerja ?
Suhu kerja mesin adalah suhu ideal yang dijadikan sebagai patokan kinerja mesin terbaik. Di titik suhu ini aspek power dan keiritan bahan bakar akan ditemui. Umumnya suhu kerja mesin ada dikisaran 80 derajat celcius. Jika lebih tinggi maka cooling system akan langsung bertugas untuk menurunkan temperatur.
Fungsi lain dari sistem pendingin sepeda motor adalah sebagai berikut ;
Intinya cooling system ini dipakai untuk menjaga suhu mesin tetap normal tanpa berlebihan. Jika berlebihan maka akan terjadi overheat. Apa itu overheat ? overheat adalah kondisi dimana suhu mesin lebih tinggi dari suhu kerjanya dan sistem pendingin tidak mampu mendinginkan.
Namun panas yang berlebihan justru akan merusak komponen mesin itu sendiri karena komponen mesin ini terbuat dari bahan logam. Dan logam akan memuai pada suhi yang tinggi, selain itu ada pula komponen mesin berbahan plastik dan karet. Jika suhunya tinggi apa tidak meleleh ?
Untuk itulah sistem pendingin sepeda motor dibuat.
Pengertian sistem pendingin adalah sebuah rangkaian tersistematis yang digunakan untuk mencegah mesin dan seluruh komponennya memiliki suhu diatas suhu kerja. Apa itu suhu kerja ?
Suhu kerja mesin adalah suhu ideal yang dijadikan sebagai patokan kinerja mesin terbaik. Di titik suhu ini aspek power dan keiritan bahan bakar akan ditemui. Umumnya suhu kerja mesin ada dikisaran 80 derajat celcius. Jika lebih tinggi maka cooling system akan langsung bertugas untuk menurunkan temperatur.
Fungsi lain dari sistem pendingin sepeda motor adalah sebagai berikut ;
- Mendinginkan mesin dan seluruh komponennya
- Mencegah oli mesin menguap
- Mencegah piston memuai.
Intinya cooling system ini dipakai untuk menjaga suhu mesin tetap normal tanpa berlebihan. Jika berlebihan maka akan terjadi overheat. Apa itu overheat ? overheat adalah kondisi dimana suhu mesin lebih tinggi dari suhu kerjanya dan sistem pendingin tidak mampu mendinginkan.
Akibatnya, mesin akan timbul suara berisik hingga terkunci karena piston memuai.
Secara umum, ada tiga jenis sistem pendingin yang digunakan pada sepeda motor yakni ;
1. Pendingin alami
Pendingin alami adalah sistem pendingin yang bekerja secara otomatis menggunakan udara sekitar. Oleh sebab itu sistem ini dikenal dengan pendingin alami. Cara kerjanya panas dari blok mesin akan disalurkan ke sirip udara yang menempel pada blok, saat motor berjalan panas tersebut akan berpindah ke udara yang melewatinya sehingga suhu mesin tidak berlebih.
2. Pendingin air
sistem lain yang juga mulai diterapkan pada mesin motor khsusnya yang berteknologi EFi adalah sistem pendingin air. Sistem ini secara umum sama seperti sistem pendingin radiator pada mobil, tapi ini versi sederhananya. Radiator pun dibuat lebih mini dengan posisi didepan mesin maka aliran udara saat motor berjalan secara otomatis mendinginkan radiator.
3. Oil cooler
Oil cooler sebenarnya menggunakan dua gabungan sistem diatas. Karena kita akan melihat sirip udara yang menempel pada blok mesin dan juga ada komponen mirip radiator dengan ukuran lebih kecil. Komponen ini bukan mendinginkan air tapi mendinginkan oli mesin. Oli yang sudah didinginkan akan dimasukan kembali ke mesin untuk bersirkulasi dan mengambil panas untuk kemudian dimasukan ke oil cooler.
Demikian artikel lengkap mengenai pengertian dan fungsi sistem pendingin motor semoga bermanfaat.