Pengertian dan Fungsi Kampas Rem pada Motor/Mobil

Fungsi kampas rem – sistem rem pada kendaraan fungsinya untuk memperkecil laju kendaraan saat berjalan. Pada prinsipnya sistem rem menggunakan perubahan energi gerak menjadi panas melalui gaya gesek yang diperoleh dari kampas rem dan piringan. Lantas apa itu kampas rem dan apa fungsinya ?

Pengertian Kampas atau Brake pada adalah sebuah komponen yang memiliki gaya gesek besar untuk melakukan penggesekan pada permukaan rotor atau tromol agar terjadi efek braking.

Fungsi kampas rem adalah untuk menekan permukaan tromol atau piringan rem agar terjadi gesekan diantara kedua komponen itu. Karena bahan penyususn kampas rem terbuat dari bahan keramik yang memiliki gaya gesek tinggi maka disaat pad ini menyentuh piringan akan terjadi gesekan yang mengubah energi putar menjadi energi gerak, sehingga laju kendaraan akan terhenti.

Menurut bentuknya ada dua jenis model kampas yaitu kampas rem cakram dan tromol. Pada kampas rem cakram, luas kampas tergolong lebih kecil dan kampas menempel pada pad yang berbahan keras.

Saat melakukan penggantian kampas rem cakram maka harus diganti satu set dengan pad, hal itu karena kedua komponen ini saling menempel. Selain itu, pada pad rem cakram juga dilengkapi kawat sebagai penanda bahwa kampas sudah tipis.

Sementara pada rem tromol luasnya lebih lebar, hal ini menyebabkan kekuatan pengereman model rem ini lebih baik. Itulah mengapa sistem rem tromol banyak dipakai pada kendaraan besar sekelas truk atau bus.

Kampas rem, dibuat dari bahan keramik yang bercampur dengan serat karbon. Dulu kampas rem dibuat dari bahan asbes, namun karena sifat asbes yang karsinogenik maka bahan ini sekarang sudah dilarang.

Namun kekurangan pada tipe kanvas keramik ini yakni debunya yang cukup tinggi. Hal itu disebabkan untuk memperoleh tingkat gesekan yang maksimal maka bahan kampas dibuat lebih lunak sehingga debu hasil gesekan ini akan mengotori velg dan imbasnya kanvas rem cepat habis.

Sementara untuk tipe kanvas yang dibuat dengan bahan yang lebih keras maka resikonya ada pada piringan yang bisa kalah saat bergesekan dengan brake pad.


Sekian artikel mengenai fungsi dan pengertian pad rem, semoga bermanfaat.