Pengertian dan Fungsi Silinder Roda Pada Rem Tromol

Fungsi wheel cyilinder – pada sistem pengereman kendaraan dengan tipe tromol atau drum brake kita mengenal beberapa komponen seperti drum, brake shoe dan wheel cylinder. Di artikel ini kita akan membahas mengenai komponen silinder roda pada rem mobil atau motor.

Pengertian silinder roda adalah sebuah komponen aktuator hidrolik yang memiliki tugas untuk mengubah tekanan hidrolik menjadi energi mekanis. Prinsip kerja whee cylinder ini mirip seperti pada kaliper rem cakram.

Fungsi utama silinder roda adalah untuk menekan kampas rem pada rem tromol agar menekan drum brake. Prinsip kerja komponen ini seperti hukum pascal pada rangkaian hidrolik, dimana tekanan hidroik dari sebuah saluran akan diteruskan ke segala arah dengan besar yang sama, dalam hal ini minyak rem yang masuk ke siinder roda akan mendorong piston sehingga piston bergerak.

Didalam sebuah silinder roda terdapat beberapa komponen seperti

Ruang silinder

Fungsi ruang ini yakni sebagai cover atau housing bagi minyak rem dan komponen lain.

Piston

Piston terletak pada rongga silinder yang menghubungkan minyak rem dengan sepatu rem.

Seal piston

Seal berfungsi merapatkan ruang disamping piston untuk mencegah terjadinya kebocoran fluida saat rem digunakan.

Menurut kinerjanya, ada dua macam wheel silinder yaitu tipe single action dan double action,

Pada single action hanya dilengkapi sebuah piston. Dimana piston ini akan bergerak ketika terdapat tekanan hidrolik diruang silinder. meski hanya satu piston tapi kedua sepatu rem bisa tertekan karena posisi silinder roda melayang atau  bisa tergeser.

Sementara pada tipe double action, memiliki dua buah piston dengan model fixed wheel cylinder. Tipe ini memanfaatkan dua buah piston yang bergerak berlawanan ketika ada tekanan hidrolik.

Secara umum, baik tipe single atau double memiliki kelebihannya, untuk tipe single cocok dipakai pada mobil-mobil berukuran kecil seperti city car. Sementara tipe double lebih cocok dipakai pada mobil-mobil seperti truk atau bus.


Demikian artikel singkat mengenai fungsi dan pengertian wheel cylinder pada dan mobil.