Pengertian dan Fungsi Injektor pada Mobil

Fungsi Injektor - Saat ini teknologi EFI (Electric fuel injection) sudah umum digunakan pada mesin motor maupun mobil. Salah satu komponen khasnya adalah injektor, lantas apa itu injektor ?

Pengertian injektor pada mobil atau motor adalah sebuah aktuator yang berfungsi sebagai pintu pada ujung sistem injeksi untuk mengeluarkan bahan bakar dari sistem ke ruang intake manifold.

fungsi injektor adalah intuk mengeluarkan bensin dari dalam saluran bahan bakar dengan jumlah tertentu untuk menggantikan karburator. Sementara karburator pada mesin injeksi dibuat lebih simple dengan sebutan throtle body.

Prinsip kerja injektor yakni dengan membuka saluran noozle yang tertutup oleh solenoid, kemudian bahan bakar akan keluar dengan sendirinya berkat tekanan bahan bakar yang tinggi.

saat langkah hisap maka ada arus dari ECM menuju injektor, sehingga solenoid menarik jarum injektor sehingga timbulah lubang sebagai tempat keluarnyan bahan bakar. lamanya solenoid membuka mempengaruhi volume bensin yang keluar ke intake.

secara umum, injektor memiliki beberapa jenis antara lain

1. Single point injector

jenis ini memiliki satu buah lubang di ujung injektor, saat terbuka bensin akan keluar di lubang ini secara terpusat.

2. Multi-point injector

untuk multi point injector, memiliki lubang kecil di sekeliling ujung injektor. Saat solenoid bekerja, maka bensin bisa keluar secara menyebar. Tipe ini digunakan untuk menghasilkan tingkat homogenitas yang baik

3. Gasoline direct injection

jenis terakhir memiliki prinsip sama seperti mesin diesel karena letak injektornya berada didalam ruang bakar. Sehingga konstruksinya dibuat khusus agar nbisa bertahan pada suhu ekstrem. Keuntungannya, yakni ada di efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

demikian artikel singkat mengenai fungsi dan pengertian injektor motor atau mobil.