Pengertian dan Fungsi Throtle Body pada Mesin

Fungsi throtle body - Pada kendaraan berlabel electric fuel injection pasti anda tidak akan menemui komponen karburator. Hal ini dikarenakan keberadaan karbu untuk proses pemasukan bahan bakar ke mesin sudah diambil alih oleh injektor, namun fungsi pengatur RPM masih tetap. Sehingga pada mesin injeksi, bentuk karburator disederhanakan menjadi katup gas.

Pengertian throtle body adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai pengatur RPM mesin dengan jalan menutup sebagian saluran udara ke intake.

Fungsi Katup gas sebenarnya ada beberapa antara lain ;

1. Sebagai pengatur RPM mesin
2. Sebagai tempat untuk mengatur putaran idle
3. Untuk memperbesar kevakukan intake manifold.

Prinsip kerja katup gas yaitu dengan menggunakan plat berbentuk koin yang berlokasi di tengah saluran udara yang menuju intake. Saat kondisi normal atau idle, plat tersebut tertutup dan udara lewat melalui saluran idle.

saat plat mulai terbuka, maka udara mulai masuk melalui saluran utama dan RPM mesin meningkat seiring pembukaan katup gas.

menurut operasionalnya ada dua macam katup gas, yaitu

1. Katup gas konvensional

jenis pertama masih menggunakan kabel kawat untuk menghubungkan pedal gas dan throtle body. Pada jenis ini, terdapat komponen ISC (idle speed control) yang berfungsi mengatur RPM idle.

2. TBW (Throtle by wire)

Untuk jenis kedua menggunakan rangkaian motor untuk membuka katup gas. Sehingga tidak ada lagi kawat yang dari pedal karena sudah menggunakan rangkaian elektrikal.

Pada tipe ini, keberadaan ISC biasanya tidak ada karena secara otomatis katup gas yang akan mengatur RPM idle melalui rangkaian ECM.

Baik tipe kawat atau motor, keduanya sudah berteknologi EFi sehingga tidak lagi diperlukan sekrup ISAS atau IMAS untuk menyetel RPM idle menggunakan obeng.

sekian artikel singkat tentang fungsi dan pengertian throtle body semoga bermanfaat.