Pengertian dan Fungsi Caliper Rem Cakram

Fungsi Kaliper rem - Pada sistem pengereman kendaraan, kita mengenal adanya tipe rem cakram dan tromol. pada rem cakram prinsip kerjanya yakni dengan menjepit piringan dengan komponen bernama brake caliper. Sekarang apa itu brake caliper ? seperti apa fungsinya ?

Pengertian brake caliper adalah sebuah komponen aktuator hidrolik yang berfungsi mengubah energi hidrolik menjadi energi gerak berupa gerakan piston.

Fungsi brake caliper adalah untuk melaksanakan pengereman secara langsung ketika input berupa penekanan pedal dilakukan oleh pengemudi.

Saat pedal rem ditekan, maka tekanan hidrolik akan masuk kedalam caliper, didalam kaliper energi tersebut dikonversi ke gerakan piston yang menjepit kampas rem. Karena gap kampas dengan piringan itu kurang dari 1 cm maka terjadilah efek braking.

secara umum ada dua jenis caliper rem yaitu

1. Tipe fixed

pada tipe fixed, aliran hidrolik fluida dipecah ke dua sisi piston. Sehingga kedua sisi akan bergerak berlawanan dan aktif menekan kampas rem saat pedal ditekan.

2. Tipe floating

sementara pada tipe floating, tekanan hidrolik dialirkan ke satu sisi caliper saja biasanya pada sisi dalam. Sementara sisi lainnya digunakan sebagai tumpuan. Saat piston bergerak maka caliper akan bergeser kedalam sehingga kedua sisi kampas bisa tertekan.

sementara dari kinerjanya ada dua tipe juga yakni

1. Tipe single piston

Single piston termasuk juga dalam tipe floating karena hanya memiliki satu buah piston yang aktif. Tipe ini lebih ringkas namun kekuatan pengeremannya lebih sempit dan cocok digunakan pada rem dengan luas kampas yang tidak terlalu besar seperti pada MPV atau Hatchback.

2. Tipe double piston

untuk tipe dual piston bisa berwujud fixed type ataupun floating. Pada tipe floating piston ganda ini digunakan agar penekanan rem bisa maksimal pada kampas dengan luas penampang yang besar.

Sementara pada tipe fixed, biasanya terdapat lebih dari dua piston bisa 4 atau 6 piston yang kinerjanya lebih luat dibandingkan tipe floating dengan dual piston.

demikian artikel singkat mengenai fungsi pengertian caliper rem semoga bermanfaat.