Pengertian dan Fungsi Piringan Rem Pada Mobil

Fungsi Disc brake – pada sistem pengereman kendaraan kita mengenal beberapa tipe antara lain tipe tromol dan tipe cakram. Pada sistem rem cakram memiliki prinsip menghentikan putaran roda dengan menjepit piringan rem, lantas apa itu piringan rem dan apa fungsinya ?

Pengertian rotor atau disc adalah sebuah komponen berbentuk seperti piringan yang terpaut dengan wheel hub. Fungsi rotor ini yakni sebagai media pengereman yang dilakukan oleh kampas rem.

Seperti yang diutarakan diatas, fungsi utama rotor adalah untuk tempat melakukan pengereman sehingga efek braking bisa terjadi. Pada sistem pengereman, prinsipnya mengubah energi gerak menjadi panas melalui gaya gesek.

Untuk rem tromol gesekan diperoleh dari kampas yang menekan tromol rem sementara pada rem cakram diperoleh dari gaya tekan atau jepit dua kampas pada dua permukaan rotor.

Tipe rem cakram digunakan pada kendaraan-kendaraan pribadi dengan alasan lebih responsif, lebih ringkas dan lebih mudah perawatannya. Hal itu dikarenakan sistem rem ini hanya terdiri dari piringan, kampas dan kaliper. Untuk perawatannya juga bisa dilakukan dengan membersihkannya.

Teknik pembersihan rem jenis cakram dilakukan dengan modal kunci ring 12 atau 14. Kita hanya melepas satu baut kaliper dan dengan mudah kita bisa melepas kampas dan membersihkannya menggunakan air atau cairan brake cleaner.

Secara umum ada dua jenis rotor disc yakni

Tipe solid disc

Tipe yang pertama bisa anda temui pada jenis mobil-mobil MPV atau SUV yang banyak di dipasarkan. Tipe ini paling umum digunakan karena dari segi efektifitas dan daya pengereman terbilang baik.

Solid disc terbuat dari bahan piringan besi dengan ketebalan hingga 2 cm. Karena ketebalannya maka diameter yang diperlukan untuk piringan ini juga tidak besar. Sehingga cocok untuk tipe mobil dengan rims kecil.

Tipe vent disc

Tipe yang kedua yakni ventiladed disc, tipe ini seperti yang digunakan pada sepeda motor dimana dipermukaan rotor memiliki banyak lubang sebagai ventilasi. Fungsi lubang ini yakni untuk melakukan pendinginan sistem pengereman karena untuk ketebalan tipe ini tergolong lebih kecil namun kelebihannya tipe ini lebih ringan.


Demikian artikel singkat mengenai fungsi dan pengertian rotor disc pada motor atau mobil.