Fungsi Disc brake – pada sistem pengereman kendaraan kita mengenal
beberapa tipe antara lain tipe tromol dan tipe cakram. Pada sistem rem cakram
memiliki prinsip menghentikan putaran roda dengan menjepit piringan rem, lantas
apa itu piringan rem dan apa fungsinya ?
Pengertian rotor atau disc adalah sebuah komponen berbentuk
seperti piringan yang terpaut dengan wheel hub. Fungsi rotor ini yakni sebagai
media pengereman yang dilakukan oleh kampas rem.
Seperti yang diutarakan diatas, fungsi utama rotor adalah untuk
tempat melakukan pengereman sehingga efek braking bisa terjadi. Pada sistem
pengereman, prinsipnya mengubah energi gerak menjadi panas melalui gaya gesek.
Untuk rem tromol gesekan diperoleh dari kampas yang menekan tromol
rem sementara pada rem cakram diperoleh dari gaya tekan atau jepit dua kampas
pada dua permukaan rotor.
Tipe rem cakram digunakan pada kendaraan-kendaraan pribadi dengan
alasan lebih responsif, lebih ringkas dan lebih mudah perawatannya. Hal itu
dikarenakan sistem rem ini hanya terdiri dari piringan, kampas dan kaliper. Untuk
perawatannya juga bisa dilakukan dengan membersihkannya.
Teknik pembersihan rem jenis cakram dilakukan dengan modal kunci
ring 12 atau 14. Kita hanya melepas satu baut kaliper dan dengan mudah kita
bisa melepas kampas dan membersihkannya menggunakan air atau cairan brake
cleaner.
Secara umum ada dua jenis rotor disc yakni
Tipe solid disc
Tipe yang pertama bisa anda temui pada jenis mobil-mobil MPV atau
SUV yang banyak di dipasarkan. Tipe ini paling umum digunakan karena dari segi
efektifitas dan daya pengereman terbilang baik.
Solid disc terbuat dari bahan piringan besi dengan ketebalan
hingga 2 cm. Karena ketebalannya maka diameter yang diperlukan untuk piringan
ini juga tidak besar. Sehingga cocok untuk tipe mobil dengan rims kecil.
Tipe vent disc
Tipe yang kedua yakni ventiladed disc, tipe ini seperti yang
digunakan pada sepeda motor dimana dipermukaan rotor memiliki banyak lubang
sebagai ventilasi. Fungsi lubang ini yakni untuk melakukan pendinginan sistem
pengereman karena untuk ketebalan tipe ini tergolong lebih kecil namun
kelebihannya tipe ini lebih ringan.
Demikian artikel singkat mengenai fungsi dan pengertian rotor disc
pada motor atau mobil.