Pengertian dan Fungsi Pompa Bahan Bakar pada Mobil

Fungsi Fuel Pump – didalam sebuah mobil atau motor injeksi, maka biasanya kita akan mendengarkan bunyi dengungan saat kunci kontak berada pada posisi ON. Apa anda tahu itu bunyi apa ? itu adalah bunyi pompa bensin yang memompa bahan bakar dari tanki.

Pengertian pompa bensin adalah sebuah rangkaian mekatronika yang bekerja untuk menciptakan aliran fluida dalam hal ini bensin atau solar. Mengapa perlu dibuat aliran ? karena agar bahan bakar bisa mencapai mesin maka perlu ada daya dorong karena posisi tanki itu dibawah mesin.

Selain itu, jika pada motor tankinya ada diatas mesin maka tak perlu pompa karena sesuai gaya grafitasi bahan bakar akan mengalir turun dengan sendirinya. Untuk mobil yang letak tankinya ada di belakang maka perlu dorongan agar bensin bisa naik ke karbu/delivery pipe.

Fungsi lain dari fuel pump ini adalah untuk menciptakan tekanan bahan bakar pada mesin EFI. Pada sistem injeksi, bensin bisa keluar dari injektor karena ada tekanan bahan bakar dan pompa inilah yang berfungsi menaikan tekanan bahan bakar. Termasuk motor, juga dilengkapi pompa bensin meski letak tankinya ada diatas mesin.

Secara umum, ada dua jenis pompa yakni

1. Pompa mekanis

Pompa ini bekerja berdasarkan penekanan nok yang berasal dari putaran engkol mesin. Biasanya pompa ini digunakan pada mesin OHV dengan posisi pompa ada di blok mesin. Prinsip kerja pompa mekanis ini yakni menggunakan membran dimana saat mendapat penekanan nok maka membran akan mendorong bensin, sementara saat nok release bensin mengisi di ruang membran,

2. Pompa elektrik

Pompa jenis elektrik, bekerja menggunakan motor listrik. Prinsipnya seperti pompa air pada umunya yang menggunakan rotor untuk menciptakan aliran. Kelebihan pompa ini yakni memiliki daya tekan lebih besar.

Letak pompa ini juga ditenggelamkan didalam tanki bahan bakar, apa tidak terbakar ? selama pompa itu terendam didalam bensin maka tidak akan terjadi kebakaran meski ada percikan api, hal itu karena tidak ada oksigen yang bisa membuat sebuah kebakaran didalam rendaman bensin.


Demikian artikel singkat mengenai fungsi dan pengertian fuel pump.