Pengertian dan Fungsi Ignition Switch Pada Mobil

Fungsi Ignition switch - Saat kita akan menghidupkan motor atau mobil, kita pasti menancapkan kunci kedalam lubang dan memutarnya ke posisi start. Namun fungsi ignition switch memang tidak hanya ini.

Pengertian ignition switch adalah sebuah rangkaian switch khusus yang bisa diaktifkan oleh sebuah kunci yang mana kunci tersebut didesain khusus agar hanya satu kunci yang bisa masuk ke lubang ignition.

Selain memiliki fungsi yang tertera diatas, IG juga memiliki beberapa kegunaan antara lain

  1. Sebagai pengaman mobil dan mesin
  2. Sebagai saklar utama kendaraan
  3. Untuk mengatur mode ACC atau On pada kendaraan


Yang kita tahu, ignition switch hanya sebatas kunci yang bisa kita masukan kedalam saku. Namun, ignition switch adalah komponen yang juga termasuk switch atau saklar yang berada didalam lubang kunci. Sehingga jika kita menyebut ignition switch itu hanya kunci yang kita bawa maka itu salah.

Secara sederhana, kunci kontak ini menggunakan teknologi yang sederhana dimana terdapat setidaknya 4 terminal yang satu diantaranya sebagai terminal input berupa arus positive baterai. Dan untuk menghubungkan arus ini ke terminal yang lain digunakan sistem putaran.

Pada mobil, setidaknya ada 4 terminal yakni terminal B+, IG, ACC dan ST. Namun pada mobil-mobil sekarang yang sudah menggunakan start/stop system maka paling tidak ada 3 terminal. Sementara pada motor ada sekitar tiga terminal yakni B+ dan IG.

Namun pada mobil mobil yang sudah dilabeli immobilizer system, maka rangkaiannya akan berbeda. Hal itu karena sistem immobilizee memanfaatkan rangkaian receiver dan transponder menggunakan gelombang radio untuk melakukan verifikasi kunci.

Sehingga pada lubang kunci akan kita temui lebih banyak terminal. Secara prinsip memang sama baik tipe komvensional maupun tipe immo.

Demikian artikel singkat mengenai fungsi dan pengertian ignition switch semoga bermanfaat.