Fungsi Enzim Lipase dan Mekanisme Kerjanya Pada Pencernaan


Enzim lipase menjadi salah satu enzim yang cukup penting dalam proses pencernaan manusia. Apa sebabnya ? apa fungsi lipase ? dan bagaimana kalau manusia kekurangan enzim lipase ? selengkapnya simak artikel dibawah.

Pengertian Enzim Lipase


Lipase merupakan bentuk protein yang sangat kompleks atau biasa disebut enzim yang dapat memecah nutrisi berupa lemak agar dapat diserap oleh tubuh.

Lemak yang terdapat dalam makanan akan diserap oleh tubuh, namun lemak tersebut tidak dapat diserap begitu saja karena bentuknya yang masih kompleks. Disinilah tugas lipase, yang akan memecah lemak menjadi zat penyusunnya berupa asam lemak dan gliserol

Fungsi Enzim Lipase


Enzim lipase, memiliki beberapa fungsi antara lain ;
  1. Pemecah lemak dan lipid didalam pencernaan agar tubuh mampu menyerap nutrisi dari lemak
  2. Mengontrol kosentrasi sintesis lemak, enzim ini akan berguna dalam proses pembakaran lemak apabila diperlukan.
  3. Membantu untuk menjaga permeabilitas sel secara optimal, sehingga metabolisme akan tetap lancar dan kebutuhan elektrolit tubuh juga bisa seimbang.
  4. Membantu membakar karbohidrat dalam tubuh, karena enzim ini terdiri dari SH1 dan SH11 saat diperlukan.


Mekanisme kerja enzim lipase


Saat kita memasukan makanan, nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut akan diserap oleh tubuh. Penyerapan ini terjadi didalam pencernaan manusia, namun semua nutrisi tersebut tidak dapat diserap begitu saja.

Pada dasarnya, lemak ini akan dipecah oleh sel tubuh. Namun pemecahan lemak tersebut berlangsung dalam proses yang cukup lama. Disini, enzim lipase membantu mempercepat proses pemecahan lemak menjadi asam lemak dan gliserol sehingga mampu diserap oleh tubuh dengan mudah.

Karena hal itulah banyak yang menyebut enzim ini sebagai katalisator.

Proses pemecahan lemak ini, mulai berlangsung ketika kita mengunyah makanan. Ini karena mulut juga menghasilkan enzim lipase yang akan memecah lemak ketika kita mengunyah makanan.

Pemecahan lemak ini terus berlangsung hingga didalam lambung terjadi lagi pemecahan lemak oleh gastric lipase. Selepas dari lambung, pemecahan lemak kembali terjadi di dalam usus halus.

Disinlah proses pemecahan lemak utama terjadi, yang melakukan adalah pangkreatik lipase yang memecah lemak menjadi molekul-molekul penyusun lemak.

Hasil dari pemecahan lemak ini berupa asam lemak dan gliserol akan diserap kedalam darah untuk dijadikan sumber energi tubuh atau ditumpuk sebagai sumber energi cadangan.

Sumber penghasil Enzim lipase

Enzim lipase, diproduksi oleh pangkreas dan mulut manusia. Namun, dilansir Amazine.co pada bakteri juga terdapat enzim lipase.

Contohnya pada keju dan yoghurt. Bakteri yang memproduksi kedua makanan tersebut menggunakan lipase sebagai sarana pemecah lemak dan susu.

Akibat Kekurangan Lipase


Tiap manusia akan secara otomatis memproduksi enzim lipase dalam kadar yang pas didalam tubuhnya. Namun ada suatu kondisi yang bisa menyebabkan produksi lipase mengalai gangguan.

Dilansir dari Alodokter, beberapa akibat dari kurangnya lipase dalam tubuh antara lain ;
  1. Penyakit Crohn, yakni peradangan pada saluran pencernaan dengan gejala diare hebat, kelelahan, dan berat badan yang turun.
  2. Penyakir fibrosis, ini penyakit yang membuat pengidap mengalami kekurangan nutrisi akibat produksi enzim terhalang oleh lendir yang terus terproduksi. Sehingga tubuh tidak mampu menyerap nutrisi dalam makanan.
  3. Penyakit celiac, yakni gangguan pada pencernaan yang bereaksi negatif terhadap gluten. Gluten ini dapat ditemui pada gandum, pengidap akan mengalami diare layaknya keracunan padahal ini bukanlah keracunan. Suplemen lipase dapat menangani hal ini.


Beberapa penyakit diatas bisa diatasi dengan mengkonsumsi suplemen lipase, selain untuk suplemen ternyata enzim lipase ini mulai diteliti untuk diaplikasikan ke bentuk lain.

Misal untuk dapat memecah sisa lemak pada penggorengan. Sehingga dapat bersih secara sempurna.