Pengertian dan Fungsi Platina pada Mobil

Fungsi Platina – saat kita membahas tentang sistem pengapian, maka pada prinsipnya aga busi menyala yakni dengan memanfaatkan aliran listrik bertegangan super tinggi yang melewati busi. Untuk membuat listrik tegangan 12 volt menjadi 20 Kv maka diperlukan juga beberapa komponen, komponen yang paling berpengaruh dalam hal ini adalah komponen coil.

Namun koil tidak bisa bekerja tanpa komponen pengatur, apa itu komponen pengatur ? yakni komponen yang digunakan untuk mengatur kapan timing listrik harus dinaikan dan kapan harus stan by. Komponen ini pada sistem pengapian konvensional disebut dengan platina.

Pengertian platina adalah sebuah logam khusus yang terbuat dari platina yang digunakan sebagai saklar, saklar ini tujuannya yakni untuk memotong aliran masa pada output primer coil. Jika kita membahas tentang prinsip kerja koil makaakan cukup rumit memang tapi secara sederhana, arus pada output sekunder koil bisa meningkat hingga 20 Kv saat arus primer diputuskan.

Sehingga dalam hal ini platina digunakan sebagai plat pemutus dan penyambung yang efektif dibandingkan dengan logam lainnya.

Meski demikian, pembukaan platina itu tidak bisa sembarangan karena disaat platina membuka itu tandanya ada induksi yang menyebabkan lonjakan tegangan listrik pada output sekunder. Sehingga artinya saat platina membuka, busi menyala dengan kata lain pembukaan platina menentukan timing pengapian.

Disinilah mengapa sebuah platina atau breaker point diletakan didalam distributor, karena mekanisme pembuka dan penutup platina itu diatur oleh cam yang berada pada poros disttibutor. Poros ini pada komponen distributor bukan hanya mengatur pembukaan platina saja tapi juga mengatur rotor pengapian.

Hal lain yang tak kalah penting pada platina adalah terkait sudut pembukaanya, besar kecilnya pengapian yang dihasilkan oleh busi itu dipengaruhi oleh komponen platina. Sehingga tidak heran jika beberapa mobil yang menggunakan sistem pengapian konvensional perlu dilakukan penyetelan platina agar sudut pengapian bisa terus stabil.


Jika kita lihat bentuknya mungkin logam platina hanya akan terlihat cukup kecil yakni di dua sisi contact point, sementara rangka breaker point ini didominasi dengan logam berbahan aluminium. Sekian artikel tentang fungsi dan pengertian platina pada mobil.