Pengertian dan Fungsi Supercharger pada Mesin

Fungsi supercharger - Pada istilah mesin, kita sering mendengar kata turbocharger sebagai pemasok aliran udara intake, namun ada juga istilah supercharger, apa artinya ? dan apa bedanya dengan turbo ?

pengertian supercharger hampir sama dengan turbocharger yakni sebuah komponen layaknya pompa yang memiliki tugas untuk memaksimalkan udara yang masuk saat proses intake.

fungsi supercharger adalah untuk memasok sejumlah volume udara ke ruang bakar saat langkah hisap. fungsi ini mirip dengan pompa yang menekan zat. Keberadaa supercharher akan membantu proses intake agar tenaga yang dibutuhkan piston saat hisapan itu kecil.

apa bedanya dengan turbo ?

secara prinsip kerja kedua komponen ini sama karena sama-sama menggunakan turbine untuk melakukan pemasokan udara. namun memiliki sistem kerja dan penggerak yang berbeda.

jika turbo digerakan oleh gas buang, maka supercharger digerakan oleh pulley mesin melalui v-belt. penggunaan tenaga pulley dipilih dengan alasan agar proses buang mesin tidak terhambat sehingga mesin bisa mencapai top RPM dengan mudah.

keberadaa mesin supercharger identik dengan mobil-mobil sport, memang benar supercharger biasa dipakai pada mobil-mobil dengan kecepatan tinggi yang umumnya memiliki kapasitas besar.

komponen supercharger juga banyak diaplikasikan pada mesin bensin dengan agar tidak membebani proses pembuangan. selain itu pasokan udara pada supercharger tidak sekuat turbo sehingga cocok untuk mesin bensin yang fungsinya hanya memaksimalkan aliran udara ke mesin.

demikian artikel singkat mengenai fungsi dan pengertian supercharger semoga bermanfaat.