Pengertian dan Fungsi Turbocharger pada Mesin

Fungsi Turbo - Pada mesin diesel, kita mengenal label turbodiesel. artinya mesin diesel tersebut sudah dilengkapi komponen turbocharger. lantas apa itu turbo dan apa fungsinya ?

pengertian turbocharger adalah sebuah komponen air induction yang memiliki tugas untuk memaksimalkan volume udara yang masuk ke ruang bakar. Fungsi turbo ini mirip seperti pompa yang menekan udara.

Tujuan sebuah mesin dilengkapi turbo adalah karena mesin khususnya mesin diesel perlu volume udara banyak saat proses hisap agar kinerja mesin bisa optimal. hal itu dikarenakan pada mesin diesel memiliki rasio kompresi yang tinggi, jika volume udara yang masuk ke intake sedikit hasilnya rasio kurang maksimal dan imbasnya tenaga mesin kurang optimal.

prinsip kerja turbocharger yakni dengan memanfaatkan gas buang mesin yang juga bertekanan. Gas pada exhaust di salurkan menuju sebuah turbin, sehingga saat turbin tersebut berputar maka akan memutar turbin pada sisi intake yang berfungsi layaknya pompa.

hasilnya udara dari luar terserap oleh turbo dan tertekan menuju intake manifold. Sehingga saat proses hisap volume udara yang masuk itu bisa maksimal.

komponen turbocharger, setidaknya terdiri dari beberapa bagian antara lain

1. Exhaust Turbine

fungsinya sebagai turbin untuk menyerap energi dari gas buang. Turbin ini menjandi turbine pemutar sistem turbo.

2. Intake turbine

pada intake turbin, berfungsi sebaliknya yakni untuk menekan udara intake melalui putaran.

3. Poros turbo

poros ini menghubungkan antara turbine pada sisi exhaust dan intake, sehingga dikala exhaust turbine berputar, turbin lainnya juga ikut berputar.

dalam penggunannya, turbocharger memang banyak diaplikasikan pada mesin diesel, namun saat ini mesin bensin juga banyak yang mengaplikasikan komponen turbo ini, hal itu dikarenakan saat ini rasio kompresi pada mesin bensin juga lebih besar meski tidak sebesar mesin diesel.

sementara untuk menjaga tekanan udara intake agar tidak berlebih digunakanlah komponen Variable Turbo vane.

demikian artikel tentang fungsi dan pengertian turbocharger semoga bermanfaat.