Pengertian dan Fungsi Intercooler pada Mesin

Fungsi intercooler - Pada sebuah mesin turbodiesel harus dilengkapi dengan komponen intercooler. lantas apa itu intercooler dan apa saja fungsinya pada mesin ?

pengertian intercooler adalah sebuah komponen pelepas panas yang digunakan untuk mengurangi suhu zat yang memasukinya dalam hal ini udara yang didinginkan.

sesuai namanya, fungsi intercooler berfungsi untuk mendinginkan pada bagian dalam sistem, artinya proses pendinginan udara dilakukan setelah memasuki rangkaian air induction.

proses pendinginan dilakukan karena pada turbodiesel, udara diserap oleh turbo. namun karena turbo berhubungan langsung dengan gas buang maka suhu udara intake juga terinduksi panas, sehingga perlu didinginkan menggunakan rangkaian cooler. jika tidak didinginkan maka udara panas tersebut langsung masuk ke mesin, padahal semakin tinggi suhu udara molekulnya semakin besar sehingga volume udara didalam ruang bakar itu sedikit, imbasnya pada tekanan kompresi yang rendah.

cara kerja intercooler hampir sama seperti turbo dimana udara yang memasuki komponen cooler akan didinginkan melalui proses perpindahan panas dari sirip-sirip udara ke udara luar melalui aliran udara.

bagian-bagian didalam sebuah intercooler antara lain

1. inlet house sebagai ruang untuk memasukan udara dari filter
2. pipa udara sebagai pengalir udara dari inlet ke outlet house
3. sirip udara sebagai media untuk pelepasan panas
4. outlet house sebagai ruang untuk udara yang telah didinginkan

letak intercooler biasanya ada dibagian radiator. pada komponen ini biasanya diletakan beberapa komponen serupa seperti intercooler, oil cooler, condensor, dan radiator.

letak komponen ini berada dibagian depan sehingga udara dari luar bisa langsung mendinginkan sistem air induction.

untuk posisi pada sistem induksi udara ada di antara turbo dan throtle body. Keberadaan turbo dan intercooler itu saling melengkapi, jika keberadaa intercooler tidak didukung turbo maka proses hisap mesin akan berat karena lubang intercooler itu sempit. dan saat keberadaan turbo tidak di dukung intercooler maka tekanan kompresi bisa rendah karena udara panas yang masuk ke mesin.

demikian artikel singkat mengenai fungsi dan pengertian intercooler pada mesin mobil.