Pengertian dan Fungsi Sepatu Rem Pada Tromol

Fungsi Sepatu Rem - Pada sistem pengereman kendaraan memiliki beberapa tipe termasuk tipe tromol dan tipe cakram. untuk sistem rem tromol, kita mengenal beberapa komponen seperti tromol rem, silinder roda dan juga sepatu rem.

Pengertian sepatu rem adalah sepasang komponen yang terletak didalam sistem rem tromol yang berfungsi untuk menekan tromol rem agar terjadi gesekan yang menimbulkan efek braking. Meski sepatu rem tidak secara langsung menekan tromol, namun proses braking bisa berlangsung berkat adanya lapisan kampas rem.

Fungsi utama sepatu rem adalah sebagai komponen untuk menekan tromol rem, tapi secara keseluruhan ada beberapa fungsi pada brake shoe yakni

1. Sebagai tempat untuk meletakan kampas rem
2. Sebagai tempat mekanisme pegas pengembali
3. Sebagai penekan kampas secara rata.

pada satu unit rem tromol memiliki dua buah brake shoe, hal ini sesuai pada cara kerja rem tromol. Sistem rem tromol bekerja dengan melakukan penekanan satu arah ke media tromol, hal ini berbeda dengan sistem rem cakram yang memiliki dua arah penekanan yang saling menjepit.

pada rem tromol, sepasang brake shoe akan melakukan penekanan terhadap tromol dengan arah keluar. Sistem tromol ini terdiri dari komponen tromol yang berbentuk seperti mangkuk dan dinding komponen ini digunakan untuk melaksanakan gesekan.

kelebihan rem tromol diantaranya kuat karena secara dimensi, luas penampang kampas yang menekan permukaan tromol itu lebar sehingga mampu memghasilkan daya pengereman yang tinggi. Hanya saja dalam kurang responsif, sehingga perlu beberapa waktu untuk kendaraan bisa berhenti.

selain itu, sistem rem ini juga lrbih bersih karena kondisi kampas yang berlokasi didalam tromol maka akan menghindari debu rem keluar mengotori velg. tapi kita harus rajin melakukan pembersihan karena kotoran berlebih itu juga tidak baik untuk rem

sekian artikel singkat mengenai fungsi dan pengertian sepatu rem semoga bermanfaat.