Pengeetian dan Fungsi idle speed control pada mesin

Fungsi Idle speed control - Sebuah mobil dengan teknologi EFI pasti memiliki ISC. lantas apa itu ISC apa fungsinya ?

Pengertian Idle speed control adalah sebuah aktuator elektrik yang berfungsi untuk mengatur idle RPM mesin. apa itu idle rpm ? idle rpm atau putaran langsam merupakan sebuah kondisi mesin yang hidup ketika kita tidak menekan pedal gas. umumnya pada mobil memiliki putaran idle antara 750 hingga 850 RPM sementara motor ada dikisaran 1000 RPM.

Mengapa putaran idle motor lebih besar, hal ini dikarenakan mesin motor yang memiliki silinder tunggal itu rentan mati jika diset kurang dari 1000 RPM. sementara mesin mobil yang memiliki 4 silinder otomatis bisa putarannya stabil meski low RPM

inilah fungsi dari ISC yakni untuk menjaga putaran idle mesin tetap pada standarnya. jika pada karbu kita menggunakan screw adjuster yang diset menggunakan obeng, namun pada mesin EFi kinerja ISC sudah berjalan otomatis menggunakan rangkaian elektrikal.

prinsip kerja ISC yakni mengatur sejumlah udara yang masuk ke untake melalui idle port. sehingga bentuk ISC ini mirip sebuah katup yang sudut pembukaannya mempengaruhi besaran udara yang mengalir.

katup tersebut digerakan oleh sebuah solenoid yang di integrasikan dengan rangkaian control ISC. sehingga arus yang mengalir ke solenoid ini sudah diatur agar pembukaan katup sesuai dengan kebutuhan udara saat itu.

sementara control ISC, dipengaruhi oleh beberapa sensor seperti O2 sensor, ECT sensor. Sistem kerjanya, yakni sensor mengirimkan sinyal ke ECU berupa tegangan sesuai kondisi. Didalam ECU data dari sensor tersebut dikalkulasi dengan data sensor laun sehingga menghasilkan output yang sesuai.

meski idle speed control sudah diatur secara otomatis, namun komponen ini juga rentan kotor. jika sudah kotor maka RPM idle mesih jadi naik turun dan kadang mati.

untuk itu salah satu perlakuan service berkala pada mesin injeksi adalah melakukan pembersihan komponen ISC.

demikian artikel singkat mengenai fungsi dan pengertian idle speed control semoga bermanfaat.