Pengertian dan Fungsi Charcoal Canister

Fungsi Charcoal canister - beberapa dari anda mungkin pernah mendengar kata charcoal canister pada mesin. namun apa anda tahu arti dan fungsinya ? simak artikel dibawah

pengertian charcoal canister atau biasa juga disebut evaporafive purge adalah sebuah rangkaian komponen yang memiliki fungsi untuk menetralisir tekanan didalam tanki tanpa harus menghasilkan emisi baru.

pada mobil mobil bermesin bensin, memiliki permasalahan terkait tanki bahan bakar. permasalahannya yakni sifat bensin yang mudah menyebabkan tekanan didalam tanki bisa meningkat disuhu ruang dan ketika mobil berada pada jalan bergelombang maka tekanannya mudah naik.

saat itu kondisinya bernahaya karena uap bensin yang tetjebak didalam tanki bisa menimbulkan ledakan dengan sumber sekecil mungkin. Namun, jika uap bensin tersebut dikeluarkan ke udara bebas maka bisa membahayakan lingkungan serta kesehatan, selain itu penggunaan bensin juga makin boros.

fungsi charcoal canister yakni untuk mengatasi masalah ini. uap didalam tanki, kemudian disalurkan ke intake manifold mesin agar ikut terbakar saat proses pembakaran.

komponen didalam sistem charcoal canister antara lain

1. Evaporative tank
2. Canister valve
3. Selang canister

Cara kerjanya yakni dikala tekanan didalam tanki meningkat maka secara otomatis uap bertekanan tersebut keluar melalui saluran canister yang berujung pada Evaporative tank, didalam komponen ini uap bensin ditampung untuk disalurkan ke mesin.

jika suhu tanki dingin maka uap tersebut bisa berubah kembali menjadi bensin yang terhubung dengan return feed ke tanki. namun saat suhu sama-sama hangat maka uap bensin hanya tertampung pada komponen ini.

saat kondisi tertentu seperti saat RPM tinggi maka canicter valbe akan terbuka dan secara otomatis uap dari tanki evap tersedot oleh kevakuman intake. kontrol valve dilakukan secara elektrik menggunaka rangkaian ECU.

demikian artikel singkat mengenai fungsi dan pengertian charcoal canister pada mesin.