Pengertian dan Fungsi Catalytic converter pada Mesin

Fungsi Catalytic Converter - Pada mobil-mobil produksi diatas tahun 2007, komponen catalytic converter mulai marak digunakan. selain dari regulasi emisi yang semakin ketat asap kendaraan yang dilengkapi komponen ini juga lebih bening.

pengertian catalytic converter atau disebut juga katalis adalah sebuah komponen yang masuk dalam exhaust gas treatment yang memiliki fungsi untuk membersihkan emisi mesin dari gas NOx.

keberadaan catalytic converter saat ini cukup penting karena sangat mempengaruhi keberhasilan sebuah kendaraan melewati uji emisi. Dibeberapa negara yang memiliki regulasi khusus tentang emisi, seorang pemilik mobil bisa saja ditilang dengan alasan mobilnya tidak ramah lingkungan.

sementara di Indonesia, uji emisi dilakukan oleh pemerintah saat sebuah mobil akan melakukan produksi masalnya. sehingga meski kita melepas komponem ini, maka bisa tidak terdeteksi.

catalytic converter umumnya diletakan setelah exhaust manifold, bentuk komponen ini cukup khas karena menyerupai sebuah tanki pada saluran buang mesin. jika kita melihat didalamnya maka terdapat susunan material platinum dan paladium, beberapa praktisi otomotif menyebutnya dengan rumah tawon.

cara kerja catalytic converter yakni ketika gas buang melewati susunan platinum dan paladium maka emisi berupa NOx akan terikat pada material tersebut. Sehingga gas buang yang keluar setelah katalis lebih ramah lingkungan.

hanya saja masalah pada mesin seperti ini yakni RPM yang kurang maksimal, hal tersebut dikarenakan keberadaan susunan rumah tawon menimbulkan efek resistansi atau hambatan sehingga laju gas buang akan sedikit terhambat.

namun beberapa mesin EFI telah dilengkapi dengan setelan khusus sehingga meski dilengkapi katalis RPM tetap gahar. Jika kita melepas komponen ini, maka resikonya bensin jadi lebih boros dan RPM jadi kurang stabil meski sebenarnya aliran gas buang lebih lancar.

alternatifnya, beberapa pemilik melakukan penggantian catalytic menggunakan jenis converter yang memiliki susunan rumah tawon lebih renggangm sehingga selain bisa melakukan penyaringan emisi komponen ini juga bisa memperlancar aliran gas buang mesin.

demikian artikel mengenai fungsi dan pengertian catalytic converter semoga bermanfaat.