Pengertian dan Fungsi Busi Pijar atau Glow Plug pada Diesel

Fungsi Glow Plug – salah satu komponen yang ada pada mesin diesel adalah busi pijar. Apa itu busi pijar dan apa fungsi dari komponen ini ? kita simak pembahasan selengkapnya pada artikel dibawah.

Pengertian busi pijar adalah sebuah komponen aktuator elektronik yang bisa menghasilkan panas pada ujung elektrodanya. Fungsi dari busi pemanas ini yakni untuk memanaskan suhu ruang bakar mesin diesel.

Mengapa ruang bakar pada mesin diesel harus dipanaskan ?

Ini sesuai berdasarkan karakter mesin diesel, mesin diesel merupakan mesin dengan kinerja ekstrem yang menggunakan bahan bakar solar dengan metode self combustion. Metode self combustion bukan berarti solar bisa terbakar dengan sendirinya secara begitu saja.

Karena yang memicu solar terbakar pada mesin diesel adalah suhu dan tekanan udara pada ruang bakar. Perbandingan kompresi mesin diesel bisa mencapai 22 : 1 artinya 22 liter udara bisa dipampatkan kedalam satu liter wadah. Sehingga suhu dan tekanannya bisa melebihi titik nyala solar dan solarpun terbakar.

Itu secara normal, namun pada kondisi tertentu misal pada pagi hari atau di cuaca dingin proses start mesin diesel tidak semulus kedengarannya apalagi mesin diesel berteknologi commonrail.

Mengapa ? karena pada kondisi dingin seperti dipagi hari suhu komponen mesin baik oli mesin atau blok mesin berada pada suhu yang dingin. Sehingga saat proses starting, suhu dan tekanan  hasil kompresi akan disalurkan untuk memanaskan komponen mesin. Sehingga suhu akhir tidak mampu mencapai titik nyala solar. Hal inilah yang membuat mesin diesel kadang sulit distart dipagi hari.

Prinsip kerja glow plug seperti heater elektrik yang memanfaatkan penumpukan elektron pada sebuah konduktor yang menyebabkan suhu pada konduktor tersebut meningkat. Peningkatan suhu ini juga tidak main main karena bisa mendidihkan air dengan cepat.

Pada busi pemanas, rangkaian elektrik diatur secara otomatis pada mesin common rail atau menggunakan saklar pada truk. Karena letak busi pijar yang berada didalam ruang bakar maka saat menyala suhu diruang bakar yang tertutup akan meningkat dengan cepat. Sehingga start dingin pun bisa berlangsung dengan sempurna.


Demikian artikel singkat mengenai fungsi dan pengertian glow plug semoga bermanfaat.