Pengertian dan Fungsi Pompa Injeksi Pada Mesin Diesel

Fungsi Pompa Injeksi – sistem bahan bakar diesel yang mengenakan solar bertekanan haruslah memerlukan sebuah komponen yang mampu melakukan pekerjaan ini dengan timing yang tepat. Komponen ini biasa disebut dengan pompa injeksi.

Pengertian injection pump adalah sebuah komponen pompa yang digunakan untuk meningkatkan tekanan bahan bakar solar pada sistem bahan bakar diesel. Mengapa solar harus ditingkatkan tekanannya ?

Hal ini dikarenakan prinsip kerja pengapian diesel adalah self combustion yang terjadi dari semburan solar dari injektor di akhir langkah kompressi. Kita tahu berapa besar kompresi diesel, jika tekanan solar itu rendah otomatis solar tidak mampu keluar ke ruang bakar yang memiliki tekanan lebih tinggi.

Fungsi utama injection pump adalah untuk menaikan tekanan solar hingga puluhan kilo per cm persegi. Selain itu pada pompa injeksi konvensional juga memiliki beberapa fungsi lain seperti

Mengatur volume solar yang keluar dari injektor untuk menentukan RPM diesel
Menentukan timming pembakaran mesin

Apakah fungsi diatas hanya tersedia pada pompa injeksi konvensioanl ? ya karena pada sistem diesel common rail pompa hanya berfungsi sebagai peningkat tekanan solar. Sementara timing dan volume sudah diatur oleh rangkaian elektrik common rail.

Pompa injeksi secara umum dibagi menjadi dua jenis yakni

Tipe Inline

Pompa injeksi tipe segaris digunakan pada mesin-mesin berkapasitas besar seperti pada truk dan bus. Tipe pompa ini menggunakan poros segaris yang memiliki nok, nok ini akan menekan puller yang jika ditekan maka akan menekan solar ke arah injektor sehingga tekanan solar akan meningkat.

Tipe Rotary

Pada tipe berikunya yakni memanfaatkan gaya putar, tipe ini memiliki tekanan lebih rendah dari tipe pertama. Namun dari segi ukuran memang ini cocok dipakai pada mesin berdaya rendah. Berbeda dengan tipe pertama yang menggunakan poros yang memiliki nok, pada tipe rotary menggunakan plat yang memiliki tonjolan. Tonjolan ini digunakan sebagai tolakan untuk meningkatkan tekanan solar.


Sekian artikel tentang fungsi dan pengertian pompa injeksi pada mesin diesel, semoga bermanfaat.