Pengertian dan Fungsi Pompa Vakum Pada Diesel

Fungsi vacuum pump - Pada mesin diesel, kita akan melihat beberapa komponen pompa seperti pompa injeksi dan pompa vakum. Pompa injeksi sudah jelas fungsinya untuk meningkatkan tekanan solar, namun untuk apa fungsi pompa vakum ini ?

Pengertian pompa vakum adalah sebuah komponen berbentuk pompa yang memiliki fungsi untuk menyerap tekanan pada salah satu sisi dan menekan di sisi lainnya.

Pada mesin diesel, fungsi pompa ini yakni untuk meringankan beban pengereman melalui booster rem. Booster rem merupakan kokmponen berbentuk membran yang bisa meringankan pengereman dengan memanfaatkan kevakuman.

untuk mesin bensin, kita tahu kevakuman di dalam intake manifold cukup kuat untuk menarik booster rem ini. namun pada mesin diesel yang tidak dilengkapi katup gas maka kevakumannya sangatlah kecil, sehingga perlu komponen khusus agar booster rem bisa bekerja.

Pompa vakum akan memompa ruang didalam booster rem sehingga menimbulkan efek kevakuman. Pompa ini biasanya terletak pada ujung poros cam di kepala silinder.

Cara kerja vacuum pump yakni dengan memamfaatkan putaran camshaft, hal ini karena tipe pompa ini termasuk dalam pompa rotary yang menyerap tekanan menggunakan prinsip putaran.

memang pompa ini berbeda dengan pompa vakum AC yang juga menggunakan prinsip rotary, perbedaannya pada pompa vacum AC yakni menggunakan tipe turbnine sementara pada vacuum pump booster menggunakan membran sehingga meski meski putarannya kecil mampu membuat kevakuman.

Demikian artikel singkat tentang fungsi dan pengertian pompa vakum pada mesin diesel, simak pula pengertian serta fungsi komponen mesin lain hanya diblog Mesin Mobil