Pengertian dan Fungsi Fuse atau Sekering Pada Kelistrikan

Fungsi Fuse - Pada sebuah kendaraan tersusun dari tiga kelompok utama yakni kelompok mesin, chasis dan kelistrikan. Untuk kelompok kelustrikan akan menunjang seluruh sistem elektrikal didalam mobil. Salah satu komponen penting dalam kelistrikan mobil adalah sekering, apa fungsinya ?

Pengertian sekering adalah sebuah komponen berbentuk mini yang dijadikan sebagai jembatan arus yang memiliki kapasitas tertentu, saat ada arus listrik yang melebihi kapasitas fuse maka jembatan ini akan terputus.

Dari uraian diatas bisa kita simpulkan bahwa fungsi fuse adalah sebagai pengaman rangkaian elektrikal. Mengapa rangkaian ini harus diberi pengaman ?

Hal itu karena jumlah ampere arus listrik yang mengalir melewati suatu rangkaian itu sesuai dengan beban dirangkaian tersebut. Dengan kata lain, semakin besar bebannya semakin besar pula arus yang mengalir.

Namun ada kalanya suatu rangkaian elektrikal mengalami short atau hubungan singkat. Hibungan ini menghubungkan arus positive baterai dengan masa secara langsung sehingga aliran elektron akan berlangsung cepat sehingga arusnya juga besar.

Jika tidak dilengkapi fuse maka bisa terjadi kebajaran, Dengan adanya sekering, otomatis jembatan kabel didalam sekering akan putus ketika arus besar itu mengalir, sehingga aliran arus tersebut akan terhenti.

Penggunaan fuse ini tidak hanya digunakan pada kelustrikan body seperti lampu. Namun untuk sistem kelistrikan mesin yang saat ini banyak mengaplikasikan teknologi EFI juga tak ketinggalan. Sehingga jika anda membuka kap mesin, maka anda akan menjumpai sebuah box dengan tulisan Fuse Block. Didalam kotak ini tersusun rapi banyak sekering.

Cara kerja sekering saat memutuskan arus yakni memanfaatkan kawat sebagai jembatan. Ada dua terminal pada fuse yang dihubungkan dengan kawat tipis, ketebalan kawat ini mempengaruhi kapasitas yang bisa di emban oleh fuse.

Umumnya sekering memiliki kapasitas dari mulai 2,5 Ampere hingga 60 ampere. Kapasitas ini biasanya dibedakan menggunakan warna dan tulisan di atas fuse.

Jika fuse putus maka bisa membuat sebuah rangkaian listrik mati, dan pengaman ini tidak bisa disambung namun harus diganti.

Sekian artikel singkat tentang fungsi dan pengertian fuse semoga bermanfaat.