Pengertian dan Fungsi Oil Pan atau Carter Pada Mesin

Fungsi carter - Pada dunia otomotif, kita mengenal mesin bensin dan mesin diesel. Pada mesin tersebut, bekerja dengan memanfaatkan pergerakan piston akibatnyanada gesekan antara piston dan silinder, selain itu poros engkol juga bergesekan. Jika dibiarkan maka dalam waktu singkat mesin akan panas dan aus hasilnya mesin tidak bisa digunakan.

Untuk itu sistem pelumasan digunakan pada mesin untuk melumasi seluruh bagian mesin. Sebelumnya kita pernah membahas komponen oil pump selaku pemompa oli mesin kali ini kita akan mengulas sedikit tentang carter atau oil pan.

Apa itu carter ?

pengertian carter adalah sebuah bak khusus yang digunakan untuk menampung oli mesin. Nama lain dari carter adalah bak oli atau oil pan. Fungsi carter itu ada dua yakni

1. Sebagai penampung oli mesin
2. Sebagai tempat untuk penguras oli

Dalam menjalankan tugasnya, oil pump hanya memompa saja sementara oli yang dipompa harus ditampung didalam komponen yang mudah dan berada didekat komponen inti mesin, oleh karena itu bak oli ditempatkan dibagian paling bawah mesin.

Selain menampung oli mesin, carter juga digunakan untuk menguras oli maksudnya adalah oli mesin yang berada didalam oil pan jika terus digunakan maka akan kotor dan mengandung banyak kotoran.

Saat inilah oli mesin harus diganti, untuk melakukan penggantian maka oli harus dibuang terlebih dahulu melalui drain plug yang berada di oil pan.

Jika kita melihat oil pan maka umumnya terbuat dari bahan kaleng atau baja lentur. Hal ini berguna untuk memberi bobot yang ringan kepada mesin.

Namun beberapa mesin juga menggunakan bahan aluminium agar lebih kuat. Demikian artikel tentang fungsi dan pengertian carter pada mesin.  Baca fungsi komponen mesin lain untuk mengenal seluruh bagian mesin mobil hanya di blog Mesin mobil 1.